Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Kelangkaan Semikonduktor, Daihatsu Klaim Masih Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak kelangkaan cip atau semikonduktor, membuat sebagai besar industri otomotif global mengalami kesulitan untuk memproduksi mobil, termasuk di Indonesia.

Namun hal tersebut rupanya tak berimbas bagi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Sampai saat ini, Daihatsu masih adem ayem terkait pasokan semikonduktor, bahkan produksinya masih berjalan normal meski pada beberapa produknya terjadi inden.

Amelia Tjandra, Marketing Director and Corporate Planning & Communications PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, semikonduktor bagi Daihatsu masih bisa dikelola dengan baik karena pihak prinsipal berusaha keras mendapatkan alokasi yang cukup.

"Sejauh ini kami masih normal. Ini bisa dilihat dari hasil produksi kami yang pada September 2021 naik cukup signifikan mencapai level 18.000, ini tertinggi di tahun ini," kata Amel dalam konferensi pers virtual, Kamis (14/10/2021).

Lebih lanjut Amel menjelaskan, ADM sejauh ini berusaha maksmial terkait alokasi semikonduktor untuk kebutuhan produksi produk-produknya.

Terutama bagi produk yang dipasarkan di dalam negeri. Hal tersebut dalam rangka mendukung upaya pemerintah menggairahkan pasar dengan pemberian relaksasi PPnBM yang sudah berjalan dari Maret lalu.

"Kondisi ini sudah kami sampaikan ke prinsipal dan kami juga minta untuk mendukung pemerintah serta pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama dari sektor otomotif," ujar Amel.

"Sampai saat ini, boleh dikatakan Daihatsu mendapat dukungan yang cukup dari prinsipal sehingga terkait semikonduktor belum terimbas di produksi kami," lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/16/124100515/soal-kelangkaan-semikonduktor-daihatsu-klaim-masih-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke