Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serius Riset Motor Listrik, Ini Biaya Pengembangan BL-SEV01

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 terus mengalami pengembangan untuk mencapai performa terbaik.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, dalam proses riset dan pengembangan selain meraih hasil sukses motor juga mengalami kegagalan.

Adapun proses riset dan pengembangan BL-SEV01 memakan dana mencapai ratusan juta rupiah.

"Termasuk R&D kita ada kegagalan dan segala macam, etis tidak ya kalau disampaikan, kalau kisaran itu mungkin Rp 80-Rp 140 juta," katanya di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

"Saya kita untuk spek sport ini worth it, karena kalau kita bandingkan dengan Gesits saja yang masuk produk massal saja kisaran masih di Rp 20 jutaan," katanya.

Sujono mengatakan, dana paling besar diserap baterai. Disebutkan bahwa saat ini baterai masih impor dan jika bisa dibuat sendiri di Indonesia maka biayanya bisa turun banyak.

"Saya yakin kalau nanti bisa diproduksi massal bisa jauh di bawahnya karena kan kita ini masih satuan, masih hand made kalau nanti masuk ke massal sangat mungkin," katanya.

"Cuma memang sampai saat ini kurang lebih total biaya ada di baterai. Baterai ini kita masih murni impor di sini cuma assembly, kalau nanti baterai sudah siap biaya bisa turun 30 persen, jadi bisa sangat murah," katanya.

Melihat Harapan

Dengan berbagai raihan yang positif muncul pertanyaan kapan motor ini bisa meluncur dan dijual untuk umum?

Salah satu yang mendukung BL-SEV01 ialah Ketua IMI sekaligus Ketua MPR RI, Bambang Soestyo yang mengatakan IMI bakal mengawal jika motor bisa masuk tahap uji tipe.

"Saya kira kalau kami dari pelaku peneliti inovasi sangat berterima kasih, itu akan membuka peluang keberlanjutan kami selanjutnya. Bahwa hasil kita bisa diakui," kata Sujono.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/13/154100715/serius-riset-motor-listrik-ini-biaya-pengembangan-bl-sev01

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke