Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memahami Fungsi dan Cara Kerja Yamaha Traction Control System

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha All New Nmax 155 menjadi skuter matik (skutik) pertama di kelasnya yang dibekali dengan fitur kontrol traksi atau Traction Control System (TCS).

Pertama kali fitur ini diperkenalkan bersamaan dengan peluncuran All New Nmax 155, yakni akhir 2019. Namun, sampai sekarang masih banyak yang belum paham fungsi dan cara kerja fitur tersebut.

Fitur TCS awalnya banyak disematkan pada motor gede (moge). Fitur ini yang membantu mengoptimalkan akselerasi berkendara di segala kondisi jalan.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, dalam mendukung keselamatan berkendara untuk mobilitas harian penggunanya, generasi terbaru Nmax telah dilengkapi dengan beragam fitur unggulan yang dapat membuat skutik ini lebih mudah untuk dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

"Mulai dari sistem pengereman Dual Channel ABS sampai dengan fitur Traction Control System. Khusus untuk TCS sendiri, fitur yang banyak dijumpai pada motor berkapasitas mesin besar ini mampu menjaga traksi ban tetap optimal, sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin,” ujar Antonius, dalam keterangan resminya.

Secara teknis, fitur TCS berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau jalan basah akibat guyuran hujan.

Kerja fitur ini memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang. Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU, dan kemudian ECU akan meresponnya dengan mengurangi putaran mesin.

Cara mengurangi putaran mesin ini sendiri dilakukan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian (ignition delay) dan bisa juga dengan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran.

Pada mode default atau setelan pabrikan, fitur TCS pada All New Nmax 155 Connected ABS dalam kondisi menyala atau aktif. Fitur ini juga dapat dimatikan dengan cara menekan tombol switch control yang ada di kiri setang kemudi. Setelah itu, menu pilihan On dan Off nya dapat dilihat pada tampilan layar panel instrumen atau speedometer.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/13/122200815/memahami-fungsi-dan-cara-kerja-yamaha-traction-control-system

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke