Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Korelasi As Roda Mobil Patah yang Sebabkan Kecelakaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan antara dua mobil terjadi di Jalan Raya Maospati-Ngawi, Kecamatan Geneng, pada Jumat (24/9/2021). Dua mobil minibus bertabrakan dari arah yang berlawanan.

Melansir Kompas.com, kecelakaan bermula dari roda depan sebelah kiri salah satu mobil yang terlepas akibat as roda patah. Otomatis mobil tersebut hilang kendali dan menabrak mobil lain dari arah berlawanan.

Bagi sebagian orang awam, patahnya as roda biasanya diasumsikan akibat mobil yang mengangkut beban penumpang atau muatan berlebih, namun apakah benar seperti itu?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, menjawab bahwa selama tidak dilakukan investigasi dan pemeriksaan mendetail, sulit memastikan penyebab as roda mobil dapat patah.

"Sebab sektor kaki-kaki mobil memiliki banyak komponen. Kita harus melakukan investigasi dan pemeriksaan pada mobil tersebut guna mengetahui penyebab pasti as rodanya bisa patah," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (25/9/2021).

Didi menjelaskan, sudah jadi prosedur standar untuk melakukan wawancara kepada si pemilik atau pengemudi, terutama mengenai riwayat penggunaan dan perawatan mobil terkait.

Selanjutnya, akan disinkronkan secara aktual dengan kondisi nyata pada komponen yang mengalami kerusakan.

"Apakah dia pernah mengangkut penumpang atau muatan berlebih, atau saat menyetir ada bagian dari kaki-kaki mobil yang mentok dan terbentur objek keras seperti batu, itu harus kita cari tahu terlebih dahulu," ujar Didi lebih lanjut.

Riwayat penggunaan dan perawatan mobil ini penting untuk diketahui agar teknisi yang bertugas paham letak permasalahan dan penyebab utama as roda mobil dapat rusak hingga patah.

Didi pun menghimbau kepada para pengemudi untuk mematuhi anjuran batas maksimal beban muatan sebuah mobil. Jangan sampai mengangkut beban melebihi ambang batas yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.

Sikap pengemudi pun juga harus diperhatikan. Agresif dalam mengemudi di jalanan tentu turut memberikan efek negatif pada sektor kaki-kaki mobil.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/25/160200215/korelasi-as-roda-mobil-patah-yang-sebabkan-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke