Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha YZF-R6 Tetap Dijual, Khusus buat Balap

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Yamaha sudah mengumumkan akan menghentikan penjualan motor sport YZF-R6. Sebagai penggantinya, lahirlah YZF-R7.

Dikutip dari Asphaltandrubber.com, Jumat (17/9/2021), Yamaha Eropa menyebutkan hanya akan memenuhi permintaan untuk YZF-R6 khusus untuk kebutuhan balap. Namanya pun berubah menjadi YZF-R6 RACE.

Secara spesifikasi, tidak ada perubahan. R6 masih mengandalkan mesin DOHC berpendingin cairan, 599 cc, 4-silinder, yang menghasilkan 116 tk pada 14.500 rpm dan torsi 61,7 Nm pada 10.500 rpm.

Tapi, semua perlengkapan agar motor tersebut legal dikendarai di jalan raya sudah dilepas, seperti dudukan pelat nomor dan spion. Untuk sistem penerangan, sepertinya masih dipertahankan.

Untuk mendukung kebutuhan balap, Yamaha juga sudah menyediakan YZF-R6 GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing) untuk 2022.

Namun, paket GYTR tersebut akan disediakan dalam jumlah yang terbatas, meskipun tidak disebutkan berapa pastinya.

Ada banyak komponen dari GYTR yang disematkan untuk membuat Yamaha R6 ini menjadi motor yang siap dipakai balap, mulai dari bodi, suspensi, knalpot, hingga ECU. Sayangnya, tidak disebutkan berapa kenaikan tenaga, torsi, dan bobot yang berkurang.

Untuk harganya, akan dibanderol 18.399 dollar AS atau sekitar Rp 262 jutaan. Yamaha akan mulai distribusi ke konsumen pada April 2022 mendatang.

Untuk diketahui, R6 tidak lagi diperdagangkan secara bebas di Eropa karena tidak lolos standar emisi Euro 5. Maka itu, motor ini dijual dengan status track-only alias khusus di trek.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/17/144100215/yamaha-yzf-r6-tetap-dijual-khusus-buat-balap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke