Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Memegang Setir pada Mobil dengan Airbag yang Benar

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan sebuah mobil, pengemudi harus menguasai berbagai komponen, salah satunya adalah setir. Setir merupakan komponen yang berfungsi untuk mengarahkan mobil ketika berjalan.

Pada kendaraan modern, pada setir biasanya dilengkapi dengan sistem keselamatan aktif, aribag alias kantung udara. Fungsi airbag, adalah mengembang dalam hitungan sepersekian detik, sehingga menjadi bantalan bagi tubuh pengemudi saat tabrakan dari depan.

Setir, seharusnya dipegang dengan kedua tangan. Untuk mengetahui posisi yang baik untuk memegang setir, analogikan setir sebagai jam. Posisikan tangan kiri di angka 9 dan tangan kanan di angka 3.

Seiring berjalannya waktu, pengemudi yang merasa sudah mahir malah menyepelekan posisi tangan yang benar untuk memegang setir. Padahal, posisi tangan yang salah saat memegang setir bisa memperparah cedera, jika alami kecelakaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, menempatkan tangan di setir dengan posisi 9-3 ini membuat respon pengemudi jadi lebih sigap, karena bahu yang bersandar sempurna di jok.

“Sedangkan jika menaruh tangan di posisi 10-2, bisa mengganggu kerja airbag ketika terjadi benturan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Sony mengatakan, pernah ada kejadian di Australia di mana pengemudi yang mengalami kecelakaan. Pada video dashcam, terlihat tangan pengemudi malah terluka parah karena posisinya yang salah sehingga terkena airbag yang mengembang.

“Mobil dengan airbag itu di depan setir harus clear dari hambatan agar kerja airbag menjadi maksimal. Jika tangan ada di posisi 10-2, ketika airbag mengembang bisa-bisa tangan tadi akan menghantam muka pengemudi,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/03/114200515/begini-memegang-setir-pada-mobil-dengan-airbag-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke