Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bamsoet: Tak Semua Negara Dipercaya Jadi Lokasi Tes MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports sudah resmi mengeluarkan tanggal untuk sesi tes pra-musim MotoGP 2022. Sirkuit Mandalika, Lombok, adalah salah satu yang akan menjadi tuan rumahnya.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet bangga Indonesia dipercaya oleh Dorna Sports untuk menyelenggarakan tes pra-musim MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 11 – 13 Februari 2022.

Agenda ini diharapkan menjadi momentum bangkitnya industri pariwisata Indonesia dan Lombok, khususnya di saat pandemik Covid-19 setelah ajang balap World Superbike (WorldSBK) 2021.

“Merupakan suatu kehormatan Indonesia bisa menyambut para pembalap MotoGP dari seluruh dunia untuk melakukan uji coba di street circuit MotoGP berstandar FIM pertama di dunia, Sirkuit Mandalika. Terlebih, kita ketahui bahwa Indonesia memiliki jumlah penggemar MotoGP dengan angka yang sangat fantastis,” ujar Bamsoet, dalam keterangan resminya.

Bamsoet mengatakan, tes pra-musim merupakan agenda yang sangat penting bagi Sirkuit Mandalika. Sebab, para pebalap akan menguji coba ketangguhan mesin motornya saat melaju di Sirkuit Mandalika yang "super safety".

"Tes pra-musim di MotoGP di Sirkuit Mandalika adalah kepercayaan yang luar biasa bagi Indonesia. Karena, tidak semua negara bisa dipercaya sebagai lokasi tes pra-musim. Berbagai hal akan diuji oleh tim balap yang hadir. Mulai dari fisik pebalap, motor hingga perlengkapan balap lainnya," kata Bamsoet.

Bamsoet menambahkan, para pebalap MotoGP dan kru teknisi akan menghabiskan banyak lap di sirkuit Mandalika selama 3 hari berturut-turut.

Tujuannya, menggali performa terbaik dan kesiapan motor masing-masing tim sebelum berlaga satu musim penuh ke depan. Selain itu, produsen helm, produsen ban, produsen knalpot juga akan menjadikan hasil tes pra-musim sebagai masukan untuk meningkatkan performanya.

"Sekalipun Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru, namun sudah akan digunakan sèbagai tuan rumah World Superbike seri penutup tanggal 12 - 14 November 2021. Event World Superbike dan tes pramusim menjadi bukti bahwa Sirkuit Mandalika sudah siap menggelar balapan MotoGP," ujar Bamsoet.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/29/082100515/bamsoet--tak-semua-negara-dipercaya-jadi-lokasi-tes-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke