Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merasakan Posisi Berkendara Yamaha Qbix

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Qbix memiliki tampilan yang unik dengan desain bodinya yang serba mengotak. Fitur yang disematkan juga tak kalah saing dengan skuter matik (skutik) 125 cc Yamaha lainnya.

Skutik yang hanya dipasarkan di Thailand ini akhirnya masuk juga ke Indonesia. Tapi, melalui importir umum Safari Motor.

Dengan target market orang Asia juga, maka dimensinya juga bersahabat dengan postur orang Indonesia pada umumnya. Panjangnya 1.860 mm, lebarnya 740 mm, dan tingginya 1.115 mm.

Tinggi joknya juga hanya 775 mm dengan jarak terendah ke tanah 135 mm. Test rider Kompas.com dengan postur tubuh 155 cm dan berat 58 kg bisa mengendalikan skutik ini dengan percaya diri.

Saat duduk di atas joknya, terasa cukup nyaman. Sebab, joknya juga cukup lebar. Bagian belakang juga cukup luas untuk para boncenger.

Berat Qbix juga tidak jauh berbeda dengan skutik lain sekelasnya, hanya 106 kg. Jadi, untuk para wanita pun juga bisa cukup mudah untuk mengendarai skutik asal Thailand tersebut.

Untuk posisi setang, jaraknya bisa dikatakan cukup pas dengan posisi duduk alias cukup ergonomis. Lebar setangnya juga cukup membuat pengendara menguasai motor saat bermanuver.

Semua saklarnya mudah diraih dan pandangan ke panel meter juga sangat jelas. Panel meternya model inverted, jadi latarnya berwarna gelap. Tapi, masih tetap mudah dilihat meski cahaya matahari cukup terik.

Secara keseluruhan, feeling mengendarai Qbix tak jauh berbeda seperti mengendarai skutik Yamaha lainnya yang sekelas. Jadi, tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri.

Safari Motor mendatangkan Yamaha Qbix ke Indonesia hanya 25 unit. Satu unitnya dibanderol Rp 100 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/26/145005315/merasakan-posisi-berkendara-yamaha-qbix

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke