Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Membersihkan Jok Mobil Ternoda

JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya penumpang mobil mengkonsumsi makanan dan minuman saat perjalanan, baik makanan kering ataupun basah terutama jika membawa balita.

Makanan atau minuman yang jatuh kerap menodai jok. Bila tidak segera dibersihkan selain timbul noda juga dapat menimbulkan bau kurang sedap di dalam kabin.

Samsudin, Aftersales Astra Peugeot, mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan jika yang ternoda adalah bagian kursi atau jok.

"Ada dua jenis material jok yang biasa digunakan, yakni kain (beludru) dan kulit. Keduanya perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang dapat merusak kontur jok mobil," kata Samsudin dalam rilis resmi, Kamis (19/8/2021).

Untuk membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain atau fabric, kata Samsudin, sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut.

"Bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok. Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda," katanya.

Lalu campurkan detergen dengan air hangat. Kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok.

Bersihkan secara perlahan agar jok tidak terlalu basah, selanjutnya endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

Sedangkan jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan. Namun juga tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga.

“Selanjutnya memberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahan kulit memang butuh penanganan yang khusus,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/19/190100215/cara-aman-membersihkan-jok-mobil-ternoda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke