Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalanan Sepi, Masih Kerap Digunakan untuk Ugal-ugalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia membuat Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Efeknya, beberapa ruas jalan menjadi sepi, terutama saat malam hari.

Namun, adanya pembatasan ini tidak membuat beberapa orang melakukan aksi ugal-ugalan dengan motor. Tidak jarang aksi seperti balap liar, atau pengendara yang melakukan atraksi wheelie, makin sering ditemui di jalan raya.

Tentu saja kegiatan tadi dilarang oleh peraturan dan bisa membahayakan pengguna jalan lain. Tapi mengapa bala liar atau melakukan atraksi ini malah makin marak saat ini?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada beberapa faktor yang memengaruhi orang untuk tidak mematuhi aturan dan terkesan asal-asalan di jalan, pertama adalah cara belajarnya saat mengendarai motor.

“Orang tersebut belajar motor secara autodidak, sehingga hanya paham cara mengoperasikannya saja, tapi kurang memahami aturan yang berlaku saat berlalu lintas,” kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (17/8/2021).

Agus melanjutkan, faktor kedua yang membuat orang tidak menaati aturan adalah usia. Rata-rata kecelakaan motor yang terjadi di jalan raya, melibatkan pengendara dengan usia muda, hal ini disebabkan mereka masih belum bisa mengontrol emosi dengan baik.

“Ketiga, faktor pergaulan, ketika mereka dekat dengan orang yang ugal-ugalan, maka kemungkinan akan berpengaruh pada cara berkendaranya,” ucap Agus.

Melihat dari ketiga faktor di atas, peran orang tua dalam mengedukasi anaknya soal berkendara sangat penting. Jangan sampai orang tua melepaskan anak dengan kendaraan dan mengajarkan yang tidak baik, sehingga sulit untuk mengubah kebiasaannya.

“Orang tua harus mampu memberikan edukasi yang baik kepada anak-anaknya sebelum mulai mengijinkan berkendara di jalan raya. Jika tidak melibatkan orang tua, akan sulit mengubah kebiasaan yang tidak aman yang sering dilakukan pengendara pemula,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/18/090200615/jalanan-sepi-masih-kerap-digunakan-untuk-ugal-ugalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke