Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Ricky Elson Kembangkan Mobil Listrik Pertama di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Ricky Elson bukan nama asing di dunia mobil listrik nasional. Bisa dibilang dialah salah satu orang Indonesia pertama yang menciptakan mobil listrik. Di balik kehadiran karyanya, rupanya banyak menyimpan cerita menarik.

Dalam webinar ‘Implementasi Kendaraan Listrik Indonesia & Masa Depannya’, Ricky Elson yang merupakan ahli dan memiliki beberapa paten motor listrik, menjabarkan awal mula keterlibatannya dalam pengembangan mobil listrik di Indonesia.

“Saya memiliki background sebagai peneliti dan pengembang teknologi di mesin-mesin listrik, baik untuk penggerak ataupun juga untuk pembangkit listrik di Nidec Corporation dari tahun 2006-2014,” ujar Ricky, dalam webinar (9/8/2021).

Pada perusahaan asal Jepang itu, Ricky berfokus dalam riset dan pengembangan electric motor technology. Pada 2010, Ricky bersama rekan kerjanya bahkan dipercaya untuk mengembangkan mobil listrik untuk balap Le Mans kelas Student.

“Kemudian pada 2012, karena di Indonesia mulai bergerak pengembangan kendaraan listrik, waktu itu Pak Dahlan Iskan mengajak saya pulang ke Indonesia, dan pada 30 April 2012 kami bertemu,” ucap Ricky.

Usai bertemu dengan Dahlan Iskan, Ricky langsung diajak rapat yang dihadiri oleh presiden, sejumlah menteri, rektor, dan peneliti dari berbagai universitas ternama di Indonesia.

Menurutnya, ketika itu semua peserta rapat telah menyadari bahwa teknologi penting di dalam kendaraan listrik adalah electric motor. Kemudian system control-nya, baterainya, sistem pengecasannya, dan lain-lain.

“Sehingga rencana yang tadinya tahunan, saya memberikan tantangan untuk menyelesaikan mesin mobil listrik 25 kWh ini dalam waktu 3 bulan,” kata dia.

Rencana tersebut akhirnya terealisasi pada 8 Agustus 2012 atau sekitar 9 tahun yang lalu. Ricky juga mengatakan, ketika itu Dahlan Iskan memintanya untuk mengembangkan mobil listrik pertama buatan Indonesia di PT Pindad.

Dalam pengembangannya, Ricky juga mengatakan bahwa mobil listrik buatannya juga harus mengalami kecelakaan dan berbagai intrik dalam proses produksinya.

“Kemudian saya ditunjuk oleh Pak Dahlan untuk memimpin proyek mengembangkan mobil listrik Selo. Kami mengembangkan dalam waktu kurang lebih 6 bulan, lalu membawanya ke KTT APEC 2013,” kata Ricky.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/10/094200115/cerita-ricky-elson-kembangkan-mobil-listrik-pertama-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke