Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus UHD Wajib Pakai Sasis Tronton, Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus Ultra High Decker (UHD) adalah konsep bodi bus yang memposisikan kursi penumpang berada di atas kursi pengemudi. Posisi ini umum disebut dengan istilah low drive.

Kursi penumpang memang berada di dek atas, tapi UHD bukanlah bus tingkat seperti double decker. UHD hanya memiliki satu lantai untuk penumpang. Secara dimensi, UHD juga sedikit lebih rendah dari bus double decker.

Sebagai gambaran, bus UHD memiliki tinggi sekitar 4 meter. Sementara bus double decker didesain dengan ketinggian rata-rata 4,15 meter. Meski begitu, panjang dan lebarnya sama, yakni 13,5 meter dan 2,5 meter.

Konsep bus UHD ini jadi hal yang unik di dunia angkutan umum Indonesia. Pertama kali diperkenalkan Karoseri Adiputro pada pameran GIIAS tahun 2018 silam, UHD dianggap memiliki keunikan tersendiri.

Menurut Karoseri yang bermarkas di Malang, Jawa Timur ini, bus UHD diposisikan berada di bawah bus double decker dan di atas bus Super High Decker (SHD).

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan bahwa bus UHD kerap dimanfaatkan Perusahaan Otobus (PO) untuk melakukan perjalanan mengantar penumpang sekaligus paket barang seperti sepeda motor karena bagasinya yang lebih lega dibandingkan bodi bus lainnya.

"Iya betul (UHD dijadikan kendaraan pengiriman paket). Karena kalau bus double decker bagasinya lebih kecil," ungkap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Jika diamati, dengan tinggi UHD yang hanya selisih beberapa sentimeter dari double decker namun kabin penumpang hanya satu lantai, memang benar bahwa bagasi bawah UHD akan lebih luas.

Dengan dimensi yang hampir mirip bus tingkat, Yohan mengatakan bahwa UHD hanya bisa dirakit di atas sasis triple axle alias tronton. Contohnya seperti Mercedes-Benz OH 2542, Scania K410iB, dan Volvo B11R.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sasis biasa tidak akan kuat dan imbang untuk menopang bodi UHD. Maka dari itu, tidak akan ditemukan bus berbodi UHD yang menggunakan sasis dua sumbu roda.

Jika ingin mencoba sensasi menaiki bus ini, beberapa PO yang memiliki armada berbodi UHD antara lain ada Pandawa 87, Sudiro Tungga Jaya, Rosalia Indah, dan Gunung Harta.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/30/151200115/bus-uhd-wajib-pakai-sasis-tronton-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke