Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Istilah Synchromesh pada Mobil Transmisi Manual

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat puluhan, ratusan atau bahkan ribuan komponen yang ada pada mobil. Komponen tersebut tentu memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Jika salah satu komponen saja hilang, bisa jadi mobil tidak enak dikendarai atau bahkan tidak bisa menyala.

Seperti salah satu komponen yang ada pada transmisi dan jarang diketahui pemilik kendaraan adalah synchromesh.

“Synchromesh pada transmisi mobil manual memiliki peran yang cukup penting, sebab membuat perpindahan gigi pada mobil saat berjalan berlangsung mulus,” ucap Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi kepda Kompas.com, Rabu (28/9/2021).

Komponen ini bertugas menyamakan kecepatan roda ‘gigi percepatan’ dengan pasangannya. Satu gigi diputar dari arah mesin atau input transmisi dan yang lainnya akan menjadi output transmisi.

Tujuan gigi percepatan disamakan, agar kedua gigi tersebut dapat diikat atau dikaitkan dengan mudah. Sehinga nantinya putaran mesin bisa diteruskan ke output tansmisi, kemudian pada ban.

Bayangkan saja, ada dua roda gigi yang berputar sebelahan, tapi berbeda kecepatannya, pasti akan susah mengikatnya (terhubungnya).

Didi menambahkan, synchromesh membuat perpindahan gigi menjadi lebih mudah, terutama saat mobil sudah berjalan, atau saat gigi transmisi di dalamnya sedang berputar semua.

Syncromesh juga digunakan pada seluruh transmisi manual, terkecuali beberapa model-model mobil lawas. Ini yang membuat para pengemudi sedikit sulit untuk memindahkan transmisi.

“Namun komponen ini hanya dipasang pada gigi maju, kalau mundur jarang. Makanya kalau mundur, mobil harus dalam keadaan berhenti saat gigi dipindahkan,” ucap Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/28/180100215/mengenal-istilah-synchromesh-pada-mobil-transmisi-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke