Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Berhenti Sejenak, Tuas Transmisi Lebih Aman di Posisi N atau D?

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengemudi mobil yang baru beralih dari transmisi manual ke matik mungkin masih agak bingung dengan cara kerja girboks transmisi otomatis.

Misal ketika berhenti sejenak di lampu merah atau kemacetan, sebaiknya tuas transmisi berada di posisi 'neutral' atau 'drive'?

Pasalnya, ada anggapan jika tuas transmisi dibiarkan berada di posisi D ketika berhenti, akan mengurangi umur girboks. Sementara jika dipindah ke posisi N, girboks transmisi matik bisa lebih awet.

Meski begitu, anggapan ini dibantah pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo.

Hermas mengatakan, membiarkan tuas transmisi berada di D saat berhenti karena macet, tidak menyebabkan kerusakan pada komponen matik.

Menurutnya, sistem transmisi di dalam girboks otomatis bakal berhenti bergerak saat mobil berhenti walaupun posisi tuas berada di D.

Adapun munculnya gejala menghentak saat tuas transmisi dibiarkan di posisi D saat macet, menurutnya adalah hal yang wajar.

Sebab putaran mesin saat idle sudah cukup menghasilkan tekanan oli ke transmisi agar membuat mobil melaju.

“Itu wajar memang seperti itu, tapi hanya sebentar. Clutch yang bergesekan saat mobil berhenti tidak akan bikin jebol transmisi, karena tidak berpengaruh signifikan,” ujar Hermas, kepada Kompas.com belum lama ini.

Walau demikian, Hermas menyarankan pengemudi untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat keadaan macet.

Sebab menekan pedal rem terlalu lama, berisiko tak sengaja terlepas, dan dapat menyebabkan kecelakaan.

“Karena soal keselamatan berkendara, tuas transmisi di D saat macet berpotensi menyebabkan kecelakaan. Soalnya kaki pengemudi akan tidak nyaman jika terus-terusan menekan rem, bikin pegal juga,” tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/23/142100815/mobil-berhenti-sejenak-tuas-transmisi-lebih-aman-di-posisi-n-atau-d-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke