Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Helm Cross untuk Pehobi Motocross, Mulai Rp 300.000

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor trail berbeda dengan motor sport. Helm yang digunakan pun juga memiliki bentuk dan desain yang berbeda.

Pada helm yang digunakan untuk jalan raya, bentuknya lebih bulat. Sementara helm motor trail, bentuk dagunya lebih panjang.

Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, bentuk seperti bukan semata-mata hanya agar terlihat berbeda, tapi punya tujuan yang spesifik.

"Bagian rahang lebih panjang bertujuan agar mendapat sirkulasi udara yang lebih baik. Serta meminimalisir efek pada bagian gigi dan rahang jika terjadi benturan," kata Lucky, dalam keterangan resminya.

Selain perbedaan pada bentuk dagu, helm motor trail atau helm cross juga tidak memiliki kaca pelindung atau visor. Selain itu, bagian atasnya juga memiliki pet yang panjang.

"Pet pada helm off road juga lebih panjang, bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya," kata Lucky.

Helm cross tidak dibekali visor juga agar tidak terjadi pengembunan. Sebagai gantinya, penggunanya harus menggunakan kacamata khusus yang disebut goggles, yang bisa dilepas pasang.

“Saat off road, kinerja fisik lebih dipacu dan membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor," ujar Lucky.

Lucky menambahkan, goggles juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor.

Pilihan helm cross sekarang ini juga beragam. Selain itu, harga helm cross yang ditawarkan cukup variatif. Berikut tujuh helm cross murah yang bisa dijadikan pilihan:

1. Cargloss MXC

Helm ini terbuat dari material ABS dan sudah berlisensi SNI. Tali pengikatnya menggunakan Double D ring. Selain itu, busa helm dapat dilepas apabila ingin dibersihkan. Untuk harganya, helm ini dipasarkan di kisaran Rp 300.000 hingga Rp 350.000.

2. JPX Fox1

Materialnya terbuat dari ABS dan sudah mengantongi lisensi SNI. Untuk fitur keselamatan, helm cross ini sudah memiliki chin protector, reinforced strap, dan sistem pengikat Double D ring. Helm ini dijual mulai Rp 430.000 hingga Rp 475.000.

3. GM Super Cross

Untuk sistem pengikatnya, GM Super Cross masih mengandalkan micromatic strap yang mudah dipasang dan dilepas.

Dengan material ABS, helm ini memiliki lisensi SNI dan DOT. Bagian busa pipi juga dapat dilepas agar mudah dibersihkan. Harganya di pasaran dijual mulai dari Rp 480.000 hingga Rp 500.000.

4. KYT Cross Over

Helm yang sudah memiliki lisensi SNI dan DOT ini dipasarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp Rp 475.000 hingga Rp 550.000.

5. RSV Orca

Soal lisensi, helm ini sudah mengantongi SNI dan DOT. Helm cross ini dibanderol mulai dari Rp 750.000 hingga Rp 800.000.

6. Zeus ZS-951

Pilihan warna juga ada yang polos dan juga bercorak. Soal harga, helm cross ini dijual mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 750.000.

7. NHK Cross One

Pilihan warnanya juga ada yang polos dan juga bercorak. NHK Cross One dibanderol mulai dari Rp 900.000 hingga Rp 1,2 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/13/152100415/harga-helm-cross-untuk-pehobi-motocross-mulai-rp-300.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke