Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengemudi Bus di Jalan Tol Minim Etika Saat Pindah Lajur

JAKARTA, KOMPAS.com – Video yang diunggah akun instagram Dashcam Indonesia memperlihatkan sebuah bus yang tiba-tiba pindah lajur ke paling kanan tanpa menyalakan lampu sein jadi perhatian sebagian warganet.

Dalam video tersebut, mobil yang lebih dulu ada di lajur kanan sudah memberikan isyarat lampu high beam. Tetapi bus tidak menghiraukannya dan tetap melakukan manuver berpindah lajur, beruntung tidak terjadi tabrakan.

Melihat kejadian seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, etika berkendara harus dilakukan oleh semua orang yang menggunakan jalan raya.

“Etika berkendara digunakan untuk tidak merugikan atau mencelakai orang lain. Manuver yang dilakukan seharusnya menggunakan standar keselamatan untuk meminimalkan risiko kecelakaan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Selain itu, bus juga memiliki blind spot yang besar, namun bukan berarti bisa manuver seenaknya. Sony mengatakan, blind spot yang besar tadi seharusnya diikuti dengan manuver yang halus.

“Manuver yang benar itu lihat spion ke arah belakang dahulu, apabila aman, nyalakain lampu sein. Kalau kondisinya memungkinkan, berpindah lajur dengan lembut,” kata Sony.

Sony mengingatkan, sudah menyalakan lampu sein bukan berarti aman untuk berpindah lajur. Pengemudi harus menunggu, apakah diberi jalan oleh kendaraan yang ada di belakang atau tidak.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/03/090200415/pengemudi-bus-di-jalan-tol-minim-etika-saat-pindah-lajur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke