Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rutin Bersihkan Sepeda Motor untuk Cegah Penularan Covid-19

SOLO, KOMPAS.com - Belakangan ini kasus penularan Covid-19 di Indonesia kian meningkat. Oleh karena itu Pemerintah meresmikan pemberlakuan PPKM Darurat yang akan dilaksanakan di seluruh wilayah Jawa dan Bali pada tanggal 3-17 Juli mendatang.

Dengan adanya PPKM Darurat, diharapkan aktivitas di luar rumah dapat diminimalisir. Meski begitu, ada beberapa aktivitas di sektor-sektor penting yang masih diperbolehkan untuk tetap berjalan.

Saat mengendarai sepeda motor untuk bekerja, pembersihan sepeda motor wajib dilakukan baik sebelum maupun seusai pemakaian. Hal ini bertujuan guna membasmi virus Covid-19 yang kemungkinan menempel pada bagian-bagian sepeda motor.

Pentingnya pembersihan sepeda motor ini turut diungkapkan oleh dr. Arina Hidayati yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta beberapa waktu lalu.

Ia menegaskan pembersihan sepeda motor wajib dilakukan terutama pada bagian-bagian yang sering dipegang atau bersentuhan langsung dengan anggota badan.

“Sering-sering bersihkan motor, kalau perlu bagian motor yang sering kita pegang seperti jok, stang atau kemudi disemprot menggunakan disinfektan sebelum dikendarai,” kata Arina kepada Kompas.com beberapa waktu silam.

Ia menambahkan, pembersihan sepeda motor bisa menggunakan cairan disinfektran yang aman dan tidak menimbulkan efek buruk pada sepeda motor seperti karat.

Arina pun mengatakan bahwa seusai digunakan, sepeda motor juga wajib untuk dibersihkan kembali. Hal tersebut dilakukan secara rutin agar virus tidak menempel pada bagian-bagian sepeda motor.

Selain membersihkan kendaraan roda dua tersebut, ia juga menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan badan serta pakaian yang digunakan ketika berkendara.

“Sering-sering mencuci tangan setelah memegang benda-benda di sekitar. Setelah sampai rumah, jangan pegang benda apapun, jangan bersandar langsung ganti baju, cuci tangan, kaki dan muka kalau perlu mandi,” ujarnya.

Untuk pakaian yang dipakai saat berkendara, sangat disarankan untuk segera dicuci. Arina menegaskan untuk tidak gantung pakaian tersebut dengan tujuan digunakan kembali sebelum dicuci.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/02/171200215/rutin-bersihkan-sepeda-motor-untuk-cegah-penularan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke