Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beberapa Penyebab Utama Central Lock Mobil Bermasalah

SOLO, KOMPAS.com - Central lock merupakan salah satu fitur keamanan yang terpasang pada mobil. Dengan hanya menekan satu tombol saja, empat pintu mobil dapat terkunci secara otomatis secara bersamaan.

Dengan fitur ini pengemudi tidak perlu khawatir ada pintu yang belum terkunci pada saat melakukan perjalanan. Hal ini sangat berguna pada saat membawa penumpang anak kecil yang kadang suka memainkan panel pintu mobil.

Namun, ternyata sistem central lock pada mobil juga ada masanya. Ada kalanya central lock mobil macet atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini bisa dikarenakan ada komponen yang sudah termakan usia atau sudah rusak.

Heru, salah satu pegawai bengkel spesialis pintu mobil Primandiri di Solo, Jawa Tengah mengatakan, pada umumnya penyebab central lock rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya yakni dinamo yang sudah bekerja secara maksimal atau rusak.

"Central lock itu yang sering rusak biasanya masalah dinamonya, itu yang bekerja kan electrical dinamo yang kecil-kecil itu. Jadi kalau itu rusak, otomatis pintu tidak bisa mengunci otomatis," kata Heru kepada Kompas.com belum lama ini.

Heru juga mengatakan, untuk penggantian dinamo central lock, biaya yang diperlukan sekitar Rp 100.000 untuk satu dinamonya. Itupun merupakan dinamo untuk central lock universal yang dapat di pasang di semua jenis mobil. Sedangkan untuk komponen aslinya akan lebih mahal lagi.

Selain karena dinamo, penyebab kerusakan central lock yang lainnya yakni instalasi yang putus. Ada kabel yang putus sehingga aliran listrik dari dinamo tidak tersalurkan yang mengaibatkan central lock tidak dapat bekerja.

"Ada juga itu instalasinya putus, itu karena kualitas kabel yang digunakan tidak bagus. Kelihatanya bagian luar masih tersambung namun ternyata bagian dalam kabelnya sudah putus," kata Heru.

Selain itu, adanya karat pada bagian komponen pengnci pintu juga dapat menjadi penyebab central lock macet.

Untuk itu, usahakan untuk membersihkan komponen tersebut dengan anti-karat atau pelumas. Komponen pengunci ini biasanya terletak pada bagian pinggir pintu, dan akan terkait dengan bodi.

Untuk detai kerusakan central lock pada mobil, pembongkaran harus dilakukan untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah. Untuk itu segera bawa ke bengkel spesialis pintu mobil untuk dilakukan perbaikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/25/114200915/beberapa-penyebab-utama-central-lock-mobil-bermasalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke