Salin Artikel

Adu Spesifikasi Motor Sport Neo Retro Yamaha, XSR 155 vs FZ-X

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, Yamaha memiliki motor sport naked bergaya neo retro, yakni XSR 155. Belum lama ini, India juga meluncurkan motor yang serupa, yaitu FZ-X.

Dari desainnya, kedua motor ini mengusung konsep yang sama. Lampu depan bentuknya bulat, tangki bensinnya model drip shaped yang terlihat berotot, dan lainnya.

Selain itu, dilengkapi juga dengan under cowl, setang yang lebar, tempat duduk atau jok model tuck and roll.

Meski desainnya serupa, tapi sebenarnya fitur, rangka, mesin, dan spesifikasinya cukup berbeda.

Bicara soal fiturnya, lampu depan sama-sama sudah berteknologi LED. Kedua motor ini juga sudah dibekali speedometer yang full digital.

Namun, bentuknya berbeda, XSR 155 berbentuk bulat dan FZ-X bentuknya kotak. Selain itu, speedometer pada FZ-X juga lebih canggih, karena sudah dapat terhubung dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect.

Pada FZ-X juga sudah dibekali dengan power outlet untuk mengecas smartphone. Sementara pada XSR 155, fitur tersebut belum ada.

Perbedaan lainnya yang sangat terlihat adalah suspensi depannya. XSR 155 sudah menggunakan upside down, sementara FZ-X masih mengandalkan suspensi konvensional alias teleskopik.

Pada ban belakang juga berbeda, FZ-X memakai ukuran 140/60-17 dan XSR 155 menggunakan 130/70-17. FZ-X juga lebih unggul di bagian pengereman, karena bagian depannya sudah menggunakan teknologi ABS.

Selain suspensi, rangka yang digunakan juga terlihat berbeda. FZ-X lebih mengandalkan rangka single cradle. Sedangkan XSR 155, lebih mengandalkan rangka model deltabox.

Sektor dapur pacu jadi pembeda paling signifikan. Sebab, basis yang digunakan kedua motor ini berbeda. XSR 155 menggunakan mesin YZF-R15, sedangkan FZ-X berbasis dari Byson.

XSR 155 menggunakan mesin SOHC, 4 katup, berpendingin cairan, berkapasitas 155 cc, dan sudah berteknologi VVA. Tenaga yang dihasilkan 19 tk pada 10.000 rpm dan torsinya 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Sementara pada FZ-X, dibekali mesin SOHC, 2-katup, berkapasitas 149 cc. Tenaganya hanya 12,2 tk pada 7.250 rpm dan torsinya 13,3 Nm pada 5.500 rpm.

Untuk harga, perbedaan antara keduanya cukup jauh. FZ-X dibanderol 116.800 rupee atau sekitar Rp 22,7 jutaan. Sedangkan XSR 155, harganya tembus Rp 36,5 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/24/144100515/adu-spesifikasi-motor-sport-neo-retro-yamaha-xsr-155-vs-fz-x

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.