Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rosalia Indah, PO Bus dengan Kelas Armada Terbanyak

JAKARTA, KOMPAS.com – Transportasi umum lewat jalur darat saat ini memang kian berkembang. Infrastruktur jalan yang sudah cukup baik membuat waktu tempuh bisa lebih singkat serta dengan tiket yang ekonomis dan relatif nyaman.

Ketika memilih moda transportasi darat untuk bepergian, ada beberapa perusahaan yang menyediakan berbagai layanan. Untuk saat ini, PT Rosalia Indah menjadi PO bus dengan kelas armada terbanyak.

Melansir dari website resmi PT Rosalia Indah Transport, setidaknya ada 14 kelas armada, mulai dari Toyota Hiace sampai bus tingkat atau double decker. Kali ini akan dibahas berbagai kelas armada mulai dari yang terkecil sampai paling besar.

Pertama ada Travel Executive Class yang menggunakan unit Toyota HiAce. Untuk layanannya, armada ini menggunakan bangku dengan susunan 1-2 yang bisa diatur sandaran punggungnya. Penumpang juga disuguhi dengan snack dan air mineral gratis.

Selanjutnya ada kelas Travel Big Top yang menggunakan unit Toyota HiAce Premio. Selain unit kendaraanya yang berbeda, susunan bangkunya juga berbeda dengan kelas di bawahnya.

Kelas Travel Big Top ini memakai susunan bangku 1-1 yang lebih lebar serta diberi leg rest.

Kelas selanjutnya adalah Micro Bus Executive Class. Seperti namanya, armada ini menggunakan bus medium yang diisi dengan susunan bangku 2-2. Penumpang juga diberi snack dan air mineral gratis.

Kelas di atasnya, ada Micro Bus Super Top yang menggunakan bangku lebih lebar. Susunan bangkunya juga berbeda, 1-2 dan sudah dilengkapi dengan leg rest. Untuk unitnya tetap menggunakan medium bus.

Sekarang memasuki kelas armada yang sudah memakai bus besar. Pertama ada kelas Bisnis AC (Patas) yang menggunakan bangku 2-2, diberikan foot rest pada setiap bangku, layanan makan, serta gratis air mineral.

Kemudian, ada kelas Bisnis AC Toilet (VIP) sesuai namanya, kelas ini memiliki tambahan toilet yang bisa digunakan penumpang selama perjalanan. Perbedaan lainnya adalah adanya tambahan selimut untuk penumpangnya.

Berikutnya naik ke kelas yang lebih tinggi, yaitu Execuitve Class. Perbedaannya ada jumlah bangku yang lebih sedikit, sehingga ruang kaki lebih lega. Penumpang juga diberi bantal untuk menambah kenyamanan ketika naik bus.

Di atasnya lagi, ada kelas Super Executive, menggunakan bangku yang lebih lebar dan susunannya 2-1. Selain itu, bangkunya juga dilengkapi dengan leg rest dan foot rest. Sisanya sama dengan kelas di bawahnya.

Selanjutnya memasuki kelas armada premium. Perbedaannya ada pada sasis dan bodi bus yang digunakan serta pelayanan yang lebih premium seperti free Wifi dan penumpang akan ditemani pramugara atau pramugari.

Selanjutnya ada kelas Executive Plus UHD, armada yang digunakan yakni Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD). Bus ini menggunakan sasis tronton sehingga bodinya jadi lebih panjang dan hanya diisi 34 bangku dengan susunan 2-2.

Berikutnya ada kelas Super Top SHD, menggunakan bangku lebar yang disusun 2-1. Penumpang juga dilayani oleh pramugara atau pramugari selama perjalanan.

Terakhir ada bus tingkat yang diisi dengan tiga kelas armada, pertama ada Executive Plus DD yang ada di dek atas. Kedua, kelas Super Top DD yang ada di dek bawah dan ada First Class dengan bangku sleeper yang disusun 1-1.

Untuk kelas Executive Plus DD dan Super Top DD sama saja dengan armada premium lainnya, hanya berbeda dari unit bus yang digunakan. Paling spesial ada First Class, penumpang diberikan guling dan layanan makan take order.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/23/153644915/rosalia-indah-po-bus-dengan-kelas-armada-terbanyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke