Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Insentif PPnBM Diperpanjang, Waktu yang Tepat Berburu Mobil Bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil bekas merupakan salah satu bagian dari rentetan rantai panjang industri kendaraan bermotor, yang berhubungan secara tak langsung.

Sehingga tiap kebijakan atau aturan baru pada mobil baru, sedikit banyak akan mempengaruhi sektor tersebut. Sebagai contoh, saat diterapkannya insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga 0 persen terhadap mobil 1.500 c kebawah.

"Secara dampak negatif (pada Maret-Mei 2021), tidak ada pengaruh terhadap penjualan, normal saja. Tapi secara harga, terdapat sedikit penyesuaian karena harga mobil baru yang turun," ujar Sutadi, Chief Operating Officer Mobil88 kepada Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Kala itu, penurunannya mencapai sekitar 20 persen dibanding harga normal. Namun memang setiap produknya tidak bisa dipatok harga pasti (penurunan) karena berbeda-beda tergantung kondisi.

Adapun alasan mengapa pasar mobil bekas tidak turun saat insentif PPnBM berlaku, lanjut Sutadi, karena kebutuhan atas mobil murah tetap tinggi. Apalagi di tengah masa pandemi Covid-19.

"Pasar mobil baru itu mayoritas adalah mereka yang memang ingin ganti mobil lama atau menambah unit. Sementara di pasar mobil bekas, berbeda preferensinya," ujar dia.

"Terlebih inden mobil baru juga panjang. Jadi saat ada relaksasi ini, kedua pasar tersebut naik bersamaan walau di pasar mobil bekas tidak begitu tinggi seperti mobil baru," lanjut Sutadi.

"Mengenai harga, tentu menjadi lebih murah karena kan mengikuti perkembangan harga mobil baru-nya. Jadi bila relaksasi PPnBM diperpanjang, itu waktu yang tepat membeli mobil bekas," katanya lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/22/183100615/insentif-ppnbm-diperpanjang-waktu-yang-tepat-berburu-mobil-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke