Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan Ini Jika Sulit Oper Gigi Mundur di Mobil Manual

JAKARTA, KOMPAS.com - Merupakan hal yang gampang-gampang susah saat melakukan pemindahan transmisi atau gigi pada mobil manual.

Terkecuali bagi mereka yang sudah terbiasa dengan mobil manual, tentunya hal tersebut tidak akan menjadi masalah bahkan sudah diluar kepala.

Salah satu kendala yang kerap muncul saat mengemudikan mobil manual adalah sulit memasukkan gigi mundur.

Tidak jarang saat pengemudi hendak menggeser tuas ke posisi R, sering terasa ada yang mengganjal dan membuat gigi tidak bisa masuk.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, gejala tersebut bisa terjadi karena adanya masalah teknis.

“Rasa ganjal itu disebabkan oleh gigi mundur bertemu langsung dengan gear reverse idler (alur gigi). Saat digeser, ketemu langsung bukan pada ujung gigi namun pada badan giginya,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Didi melanjutkan, komponen gigi mundur pada dasarnya menggunakan konstruksi yang sejajar. Supaya tuas bisa masuk, mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar harus berada pada posisi yang presisi.

“Sedikit meleset atau terkena badan gigi, maka pergeseran tuas akan terasa keras. Jadi seperti ada yang mengganjal,” katanya.

Jika hal ini terjadi, Didi menyarankan, pengemudi untuk menginjak kopling dan masukkan gigi 1.

“Biarkan mobil melaju sedikit dan hentikan, pastikan mobil tidak bergerak. Baru injak kopling dan geser transmisi ke posisi mundur,” kata Didi.

Sebelum mundur, Didi juga mengingatkan, pengemudi untuk selalu memperhatikan situasi sekitar dan jangan lupa untuk melihat kaca spion, serta menoleh sesekali ke belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/22/091200815/lakukan-ini-jika-sulit-oper-gigi-mundur-di-mobil-manual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke