Salin Artikel

Merek Ini Bikin Motor Cafe Racer Bermesin 2-Tak

MANCHESTER, KOMPAS.com - Era mesin 2-tak pada sepeda motor sudah habis tergilas peraturan emisi. Mesin 2-tak dianggap sebagai sumber polutan udara serta polusi suara.

Saat ini banyak produsen yang meninggalkan mesin 2-tak. Meski demikian tidak untuk Langen Motorcycles, produsen otomotif asal Wigan, Greater Manchester, Inggris.

Langen berencana membuat motor bermesin 2-tak menghidupkan lagi era 90'an. Motor ini akan dibuat terbatas 100 unit dan hanya diperuntukan buat motor trek alias di sirkuit saja.

Langen Motorcycles merupakan perusahaan yang baru dibentuk pada 2019. Visi misinya ialah ingin agar Inggris menjadi pemimpin dalam pengembangan dan pembuatan motor.

Mengutip Visordown, tampilan motornya cukup menarik bergaya cafe racer. Lampu depannya bundar, tangkinya eksotis, bentuk buritan lancip. Sasisnya model tubular dan pakai udercowl.

Paduan warnanya juga cukup menarik. Bodinya dilabur warna silver dengan aksen hitam. Lampu depan hitam. Sasis dan peleknya warna emas tapi dengan skema yang berbeda.

Mesinnya 249 cc, 2-tak, V-twin 90 derajat, dengan suplai bahan bakar injeksi. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 75 tk pada 11.700 rpm dengan torsi 45 Nm pada 11.700 rpm.

Meski di atas kertas tidak mengesankan di era superbike yang mampu menghasilkan 200 tk, tapi harus diingat motor ini hanya seperempat liter.

Menariknya motor hanya berbobot 114 kg, sehingga di atas kertas rasio power-to-weight mencapai 660 tk per ton. Mampu membawa motor melaju sampai 225 kpj.

Suspensi depan teleskopik diameter 43 dari Ohlins yang bisa disetel. Kaki-kaki memakai pelek jari-jari dan ban Dunlop Classic TT100 ukuran 120/70 depan dan 150/60 belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/13/130100415/merek-ini-bikin-motor-cafe-racer-bermesin-2-tak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.