Salin Artikel

Buntut Insiden Wearpack, Quartararo Mundur Jadi Posisi Keenam

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo menuai kontroversi saat balapan pada MotoGP Catalunya 2021. Pebalap Yamaha ini membalap dengan wearpack terbuka dan pelindung dada yang dilepas.

Saat balapan, Quartararo tidak menerima sanksi apa pun. Namun, bukan berarti Race Direction tinggal diam. Atas kejadian tersebut, Quartararo akhirnya dikenakan sanksi.

Dikutip dari MotoGP.com, Senin (7/6/2021), pemimpin klasemen sementara tersebut diberi penalti 3 detik. Sehingga, Quartararo terpaksa turun ke urutan keenam.

Quartararo melewati garis finis di urutan ketiga. Tapi, dengan dua penalti yang diberikan, pebalap asal Prancis ini turun ke posisi keenam.

Penalti 3 detik yang pertama diberikan ketika Johann Zarco menyalip Quartararo dan akhirnya melebar. Race Direction menilai Quartararo sudah menggunakan jalan pintas pada tikungan 1 dan 2.

Dengan finis di posisi keenam, Quartararo hanya mendapatkan 10 poin. Namun, dia masih berada di puncak klasemen dengan selisih hanya 14 poin dengan Zarco di peringkat kedua.

Sebelumnya, tak sedikit yang menilai bahwa Quartararo seharusnya diberikan bendera hitam atau diskualifikasi atas insiden tersebut.

Sebab, membuang pelindung dada saat motor sedang melaju kencang dapat membahayakan pebalap lain. Dengan tidak menggunakan pelindung dada dan wearpack terbuka juga sangat berbahaya bagi dirinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/07/062200715/buntut-insiden-wearpack-quartararo-mundur-jadi-posisi-keenam

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.