Salin Artikel

Lamborghini Siap Beralih ke Mobil Listrik pada 2024

JAKARTA, KOMPAS.com – Peralihan teknologi dari mesin bakar internal ke motor listrik menjadi sebuah keniscayaan pada era modern. Lamborghini yang terkenal sebagai produsen supercar pun mulai beralih ke mobil listrik.

Dilansir dari Bloomberg, Lamborghini mengumumkan bahwa setiap model dalam jajarannya akan ditawarkan versi plug-in hybrid pada 2024.

Rencana ini berlaku dari SUV Urus yang menjadi mobil terlaris saat ini, hingga supercar Aventador. Mobil listrik ini disebut-sebut meluncur paling cepat sekitar dua tahun lagi.

“Lamborghini juga akan meluncurkan kendaraan pertamanya yang murni bertenaga baterai pada paruh kedua dekade ini,” kata Chief Executive Officer Stephan Winkelmann, dikutip dari Bloomberg (21/5/2021).

Winkelmann juga mengatakan, pihaknya telah menghabiskan sekitar 1,8 miliar dolar AS untuk mengembangkan armada mobil listrik.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi separuh emisi dari seluruh jajaran produk pada 2025. Pengeluaran ini juga akan menjadi investasi terbesar yang pernah dilakukan Lamborghini.

“Pengurangan emisi CO? menarik bagi merek-merek besar industri otomotif, tetapi itu lebih sulit dan bahkan lebih berdampak bagi pabrikan mobil sport super seperti Lamborghini,” ucap Winkelmann.

“Anda perlu mengurangi emisi, tetapi di sisi lain Anda harus tetap menjadi pabrikan mobil super-sport yang berorientasi pada performa. Jadi ini tantangan besar bagi kami. Dengan cara yang sangat sederhana, Anda harus mengubah segalanya untuk tidak mengubah apapun,” kata dia.

Soal bocoran produk, Lamborghini pernah mempresentasikan konsep mobil hybrid yang dijuluki Asterion di pameran mobil Paris pada 2014.

Winkelmann juga mengatakan, model serba listrik kemungkinan akan memiliki empat kursi dan dua pintu, meskipun konfigurasi kendaraan belum diselesaikan.

Untuk diketahui, Lamborghini bukan satu-satunya merek yang beralih dari mesin kapasitas besar ke motor listrik.

Pabrikan asal Inggris, Bentley, telah memetakan rencana untuk menghentikan produksi mesin 12 silindernya dan hanya menawarkan mobil hibrida serta listrik pada tahun 2026.

Perusahaan ini bertujuan untuk mengalihkan seluruh jajarannya ke kendaraan listrik sepenuhnya empat tahun kemudian.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/21/144100515/lamborghini-siap-beralih-ke-mobil-listrik-pada-2024

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.