Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepanasan Saat Berhenti di Lampu Merah, Tak Boleh Asal Berteduh

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jelang musim kemarau, siang hari menjadi waktu di mana terik matahari sedang panas-panasnya. Hal ini sangat dirasakan pengguna jalan terutama saat sedang menunggu lampu merah.

Saat menunggu lampu merah di tengah panas terik pada siang hari, beberapa cara dilakukan oleh pengendara sepeda motor agar tidak kepanasan. Salah satunya adalah berteduh di bawah pohon.

Contohnya pada video yang belum lama ini diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Sabtu (8/5/2021). Dalam video tersebut, terlihat seorang pengendara sepeda motor berhenti tepat di tengah jalan untuk berteduh.

Tentu saja tindakan tersebut menghalangi jalan kendaraan lainnya. Apalagi si pengendara sepeda motor ini berhenti pada lokasi yang masih cukup jauh dari lampu merah.

Agus mengingatkan bahwa jika ingin berteduh saat sedang menunggu lampu merah, pastikan berhenti di tempat yang aman dan tidak mengganggu laju kendaraan lain.

"Jangan sampai juga berhenti terlalu tengah, malah jadi celaka nantinya ditabrak dari belakang,” kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Ia menyarankan untuk selalu gunakan riding gear atau perlengkapan berkendara yang sesuai dengan kondisi cuaca agar tetap nyaman. Misal saat cuaca sedang panas terik, pakai jaket yang dapat menyerap angin sehingga badan tidak gerah dan kepanasan.

“Usahakan juga untuk tidak berkendara di saat matahari sedang terik jika tidak dalam kondisi terpaksa. Jadi bisa mengubah jam perjalanan, menunggu cuaca tidak terlalu panas. Karena saat berkendara di cuaca terik, tubuh jadi mudah dehidrasi,” kata Agus menambahkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/08/160200915/kepanasan-saat-berhenti-di-lampu-merah-tak-boleh-asal-berteduh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke