Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengendarai Motor Listrik Berbeda dengan Motor Mesin Konvesional

SOLO, KOMPAS.com - Produksi motor listrik di Indonesia sudah mulai banyak dilakukan oleh produsen kendaraan bermotor. Pengguna motor ramah lingkungan ini juga semakin banyak dijumpai di jalan raya.

Motor dengan tenaga listrik dinilai lebih hemat dan ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas buang seperti kendaraan bermesin bensin. Dalam penggunaan dan perlakuan, motor listrik juga berbeda dengan motor pada umumnya.

Buntaran, selaku pemilik diler motor listrik Gesits di Solo, Jawa Tengah mengatakan harus ada mindset yang diubah pada saat mengendarai motor listrik.

"Motor listrik itu berbeda dari motor yang biasanya, jadi penggunaannya juga berbeda. Perlu ada perubahan mindset atau pemikiran bagi pengemudinya," ucap Buntaran kepad Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Perubahan pemikiran yang ditekankan menyangkut keamanan dan kenyamanan pengendara saat mengendarai motor listrik.

Sebab, pada dasarnya port pengecasan untuk motor listrik belum banyak tersedia secara umum, jadi untuk pemakaian juga harus diperhatikan baik-baik.

Pada saat memacu kendaraan dengan motor listrik, pengendara harus mengetahui seberapa kecepatan yang mampu dihasilkan oleh motor listrik. Jangan terlalu memaksakan untuk kecepatan tinggi yang mengakibatkan baterai motor akan cepat habis.

Perlu dipahami juga, beban yang dibawa oleh kendaraan dengan tenaga listrik juga mempengaruhi konsumsi energi listrik. Pengendara harus bijak dalam bobot angkutan yang dibawanya.

Kemudian untuk faktor keamanan, pengguna motor listrik harus lebih waspada terhadap sekitar. Karena motor listrik pada umumnya tidak memiliki suara sehingga terkadang pengendara atau pengguna jalan lain tidak sadar akan keberadaan kita.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor listrik juga harus paham dengan penggunaan motor listrik dan jalur yang harus diambil.

"Motor listrik kan memiliki batas kecepatan tertentu yang tidak sekencang motor pada umumnya, disarankan untuk mengambil lajur kiri pada saat di jalan raya demi keselamatan berkendara," kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/01/170200115/mengendarai-motor-listrik-berbeda-dengan-motor-mesin-konvesional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke