Salin Artikel

Elbow Down, Gaya Menikung Jorge Martin yang Fenomenal

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Marc Marquez pertama kali naik ke kelas MotoGP, dirinya sempat terkenal dengan gaya menikungnya yang menyentuhkan sikut ke aspal. Gaya tersebut kerap disebut sebagai elbow down.

Ternyata, bukan hanya Marquez saja yang sering melakukannya. Pebalap rookie Jorge Martin juga memiliki gaya menikung yang sama.

Bahkan, terkadang posisi badannya sangat miring hingga lengan bagian atas juga menempel ke aspal.

"Saya melihat fotonya dan itu luar biasa, dengan bahu saya hampir menyentuh aspal. Itu datang secara natural untuk saya, karena saya lebih pendek dibanding yang lainnya," ujar Martin, dikutip dari GPone.com, Minggu (18/4/2021).

Martin menambahkan, gaya balapnya memberikan keuntungan. Sebab, ban belakang yang digunakan menjadi lebih awet dibandingkan pebalap lain yang memiliki gaya balap berbeda.

Motor balap MotoGP bisa menikung dengan sangat miring. Sejauh ini, batas kemiringannya adalah 64 derajat.

Melebihi batas tersebut, risiko untuk motor terjatuh akan sangat besar. Sebab, luas bidang kontak ban dengan aspal juga berkurang.

Untuk diketahui, saat motor balap MotoGP menikung, kontak ban dengan aspal hanya seluas ukuran kartu kredit. Tapi, dengan kecanggihan ban yang digunakan, motor tetap bisa melaju melewati tikungan, meski dalam kecepatan tinggi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/24/092200715/elbow-down-gaya-menikung-jorge-martin-yang-fenomenal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.