Salin Artikel

Beli Mobil buat Keluarga, Lebih Pilih MPV atau SUV?

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki mobil pribadi yang nyaman merupakan impian sebagian masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga.

Dengan adanya mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan bersama saat ingin berpergian ke suatu tempat atau sekedar menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil keluarga, seperti kenyamanan kabin, spesifikasi, fitur, desain, faktor harga dan irit bahan bakar. Beberapa faktor ini bisa jadi penentu mobil keluarga seperti apa yang diinginkan.

Saat ini mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sporty Utility Vehicle (SUV) bisa dibilang menjadi kendaraan favorit keluarga di Indonesia.

Kedua jenis mobil ini, memiliki kabin yang luas dan ada pilihan konfigurasi tujuh penumpang, alias punya kapasitas besar.

Tak jarang, para pabrikan memanfaatkan platform sama untuk digunakan pada dua jenis mobil, membuat karakter keduanya menjadi mirip-mirip.

Lantas mana yang lebih cocok untuk mobil keluarga, MPV atau SUV?

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, tergantung prefensi masing-masing konsumen, baik SUV maupun MPV saat ini cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan.

“Mobil jenis SUV itu memiliki power yang lebih besar dan karakter yang lebih sporty, sementara untuk keluarga lebih sesuai dengan karakter MPV (yang kalem) karena fokus ke fungsional dan kenyamanan,” ujar Billy saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Sebenarnya baik SUV atau MPV bisa berperan sebagai mobil keluarga, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. MPV memiliki konfigurasi tujuh penumpang dan lebih nyaman untuk berkendara. Sementara SUV lebih siap untuk digunakan di segala medan.

Beberapa pertimbangan yang bisa menjadi prefensi pilihan jika ingin meminang satu model untuk menjadi mobil keluarga, baik MPV maupun SUV, adalah sebagai berikut:

1. Kapasitas penumpang lebih banyak

Bagi mereka yang hendak berpergian bersama keluarga, hal pertama yang mesti menjadi perhatian khusus adalah perihal kapasitas penumpang.

Bayangkan bila pada satu momen mudik terdapat enam anggota keluarga yang ikut serta. Tentu jika Anda menggunakan sedan atau hatchback, mobil tidak akan muat dengan jumlah orang tersebut.

2. Ruang lebih luas untuk barang

Setelah kapasitas penumpang, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah daya tampung untuk barang bawaan. Jangan sampai barang-barang tersebut malah menganggu kenyamanan perjalanan.

3. Nyaman untuk seluruh anggota keluarga

Kenyamanan tidak hanya penting bagi si pengemudi, namun juga seluruh anggota keluarga lain, yang duduk di bangku depan, baris kedua, atau ketiga.

4. Aman melintasi genangan air

Punya mobil di habitat Indonesia dengan curah hujan tinggi, menuntut mobil yang bisa setidaknya mampu melewati berbagai medan, misalnya jalanan bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi genangan air alias banjir. Faktor ground clearance jadi hal yang perlu dipertimbangkan.

5. Harga yang kompetitif

Salah satu faktor utama yang membuat mobil keluarga, baik MPV atau SUV jadi andalan, adalah harganya yang kompetitif.

Harga ini bukan biaya yang keluar ketika membeli mobil baru, tapi juga hitungan perawatan bulannya. Termasuk di dalamnya, biaya servis, bensin, suku cadang yang butuh perhatian khusus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/16/183100515/beli-mobil-buat-keluarga-lebih-pilih-mpv-atau-suv-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.