Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sepenuhnya Pasrahkan Kendali Mobil kepada Sistem Autopilot

JAKARTA, KOMPAS.com - Innovasi terus dilakukan oleh produsen mobil untuk memanjakan konsumen setia mereka. Dengan menambah kualitas, kenyamanan, keamanan serta teknologi baru yang digunakan untuk memudahkan pengemudi.

Salah satu teknologi yang diciptakan untuk membatu pengemudi adalah sistem kemudi otomatis autopilot atau yang disebut dengan autonomous.

Dengan fitur ini pengemudi tidak perlu repot menyetir, hanya dengan mengaktifkan sistem ini maka kendaraan akan otomatis berjalan sesuai arahan komputerisasi.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, dengan adanya teknologi autonomous bukan berarti pengemudi mengabaikan keamanan berkendara dan menyerahkan semuanya ke sistem autopilot kendaraan.

Pengemudi tetap harus waspada dan selalu kontrol kendaraannya.

"Sistem itu (autonomous) sebenarnya pengembangan dari sistem keamanan tambahan yang memang sudah ada di kendaraan sebelumnya. Walaupun sudah ada sistem autonomous tetap harus ada sistem kontrol dari pengemudinya," ucap Marcell kepada Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Marcell menambahkan, seperti yang dituliskan Tesla dalam buku manual mengenai sistem terbaru ini juga sudah dijelaskan bahwa pengemudi tetap harus waspada dalam penggunaannya.

Disarankan untuk tangan tidak terlalu jauh dari kemudi kendaraan menurut standar keselamatan penggunaannya.

Jadi kalau ada kesalahan sistem dimana kondisi jalanan tidak memungkinkan untuk melakukan autopilot dapat dengan segera untuk mengambil alih kendali kendaraan. Dengan demikian terjadinya kecelakaan akan dapat diminimalisir.

"Tidak disarankan untuk menggunakan autonomous ini dalam kondisi tertidur atau bahkan meninggalkan tempat kemudi, karena yang namanya sistem juga ada kemungkinan error-nya," kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/16/182100315/jangan-sepenuhnya-pasrahkan-kendali-mobil-kepada-sistem-autopilot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke