Salin Artikel

Potensi Kanibalisasi Sasis Hino R260 Air Suspension dengan RN285

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) belum lama ini meluncurkan satu sasis bus besar baru, yakni Hino R260 Air Suspension (AS). Sasis ini menjadi sasis bus kedua dari Hino yang memakai teknologi suspensi udara setelah RN285.

Dari kedua sasis bus besar dengan suspensi udara dari Hino, terdapat perbedaan model dari air suspension yang digunakan. Untuk R260 AS, menggunakan tipe wide, sedangkan RN285 suspensi udaranya model narrow.

Perbedaan model suspensi udara ini berpengaruh dengan bodi bus yang bisa dipasang ke sasis. Untuk tipe narrow, tidak disarankan untuk memakai bodi bus super tinggi.

Sedangkan tipe wide, kerap dipasang ke bodi super tinggi walau tidak direkomendasikan oleh Hino.

Lalu apakah dengan hadirnya R260 AS akan terjadi potensi kanibalisasi pada sasis RN285?

Apalagi beberapa Perusahaan Otobus (PO) saat ini lebih senang memakai bodi super tinggi karena lebih terlihat gagah dibanding bodi bus biasa.

COO Director PT HMSI Santiko Wardoyo mengatakan, R260 AS dengan RN285 memang sama-sama memakai suspensi udara. Hadirnya R260 AS ini untuk memberikan pilihan yang lebih banyak untuk customer.

“Kalau saya lihat pemetaannya, masing-masing customer punya perasaan atau feel, lebih suka yang mana. Jadi kita berikan menu yang komplit, tergantung customer mau yang mana,” ucap Santiko dalam peluncuran R260 AS beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, Santiko berpendapat kalau hadirnya R260 AS tidak memakan pasar RN285. Karena melihat saat pertama RN285 diluncurkan, peminat R260 leaf spring tetap ada, jadi masing-masing punya pasar sendiri.

“Kita sudah perhatikan dan pelajari bahwa masing-masing area, daerah, customer, punya feel sendiri terhadap pemilihan sasis bus,” kata Santiko.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/13/102200715/potensi-kanibalisasi-sasis-hino-r260-air-suspension-dengan-rn285

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.