Salin Artikel

Ini Bedanya MotoGP dan World Superbike

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin masih ada yang bingung perbedaan antara MotoGP dan World Superbike (WSBK). Apalagi keduanya merupakan kejuaran balap motor bergengsi.

Motor MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus. Sedangkan mesin WSBK adalah motor produksi massal yang telah dirombak khusus untuk balapan.

Mudahnya jika disejajarkan dengan balap mobil maka MotoGP bisa dibilang setara dengan Formula 1, adapun WorldSBK setara balapan mobil GT.

Mengutip Bikesrepublic dan Redbull, ada beberapa perbedaan antara MotoGP dan WSBK:

Anggaran

Anggaran tim MotoGP lebih besar daripada WSBK. Di MotoGP tim dapat membelanjakan sebanyak yang mereka suka untuk motor, pengujian, peralatan, staf, dan lainnya.

Berbeda dengan tim yang berlaga di WSBK, di mana pengeluaran tim untuk motor, pebalap kemudian R&D semuanya terbatas.

Konstruksi

MotoGP dan WSBK mematuhi berbagai peraturan teknis yang ditetapkan oleh Dorna, pemegang hak komersial kedua kejuaraan, dan FIM induk roda dua dunia.

Peraturan ini dirancang untuk menjaga persaingan seadil mungkin di setiap kelas.

Pembatasan MotoGP lebih sedikit ketimbang WSBK. Pabrikan bisa lebih fleksibel merancang konstruksi mesin dan desain sasis yang diinginkan.

Motor MotoGP juga menggunakan material yang ringan seperti serat karbon, titanium, dan paduan magnesium.

Adapun WSBK lebih terbatas. Semua motor harus mempertahankan konstruksi dan desain sasis produksi aslinya, dan penggunaan serat karbon, titanium, dan paduan magnesium dibatasi.

Berat Minimal

Baik MotoGP dan WorldSBK memiliki angka bobot minimum yang harus dipenuhi. MotoGP memiliki bobot 157kg sedangkan WorldSBK sedikit lebih berat, yaitu 168kg.

Mesin

Aturan MotoGP cukup sederhana. Desain mesin bebas selama tidak melebihi 1.000cc. Lebar piston maksimal 81mm dan memiliki maksimum empat silinder.

Sejak 2012, mesin dua langkah dilarang dan sebagian besar tim saat ini menggunakan mesin dengan desain V4.

Adapun di WSBK lebih rumit. Mesin 2-tak dilarang tapi konfigurasi mesinnya boleh tiga dan empat silinder dengan kapasitas 1.000cc.

ECU dan Software

Pada 2016, semua motor MotoGP dilengkapi dengan ECU standar dan paket perangkat lunak untuk menjaga persaingan tetap adil. DI WSBK pilihan ECU dan software lebih terbuka paling hanya dibatasi anggaran.

Musim Balap

Kalender balap MotoGP jauh lebih lama daripada musim WSBK.

Musim balap MotoGP biasa digelar dari Maret hingga akhir November. Sedangkan WSBK biasanya berlangsung dari Februari hingga akhir Oktober.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/07/133353415/ini-bedanya-motogp-dan-world-superbike

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.