Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TransJakarta Segera Mengoperasikan Bus Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) berencana untuk menghadirkan dan mengoperasikan bus listrik pada awal semester II 2021.

Rencananya, kurang lebih 30 armada bus listrik akan mulai dioperasikan dan bertahap sampai 100 unit di tahun 2021.

Direktur Utama PT TransJakarta Sardjono Jhonny Tjitrokusomo mengatakan, telah mempersiapkan beberapa perangkat menuju pengoperasian bus listrik.

“Perangkat dalam artian dari sisi aturan, keputusan direksinya seperti apa, pengadaan di saat percepatan, lalu rutenya nanti yang digunakan juga disiapkan,” ucap Jhonny kepada Kompas.com, Senin (5/4/2021).

Namun untuk persoalan persiapan armada bus listrik yang akan dioperasikan, Jhonny mengatakan kalau hal tersebut ada di tangan operator. Jadi TransJakarta sedang mempersiapkan draft kontrak dengan operator terkait bus listrik.

“Kita sedang men-draft-kan kontrak bersama operator tentang bus listrik. Nanti operator yang sudah melakukan purchase order akan melakukan negosiasi dengan manufaktur,” kata Jhonny.

Jhonny mengatakan, sampai saat ini semua operator mau mengoperasikan bus listrik. Untuk pengadaan bus listrik sebagai armada transJakarta, ada perbedaan waktu jika dibandingkan dengan bus solar biasa.

“Kalau bus solar, kita memberikan waktu satu tahun untuk pengadaan dan sebagainya. Tapi karena bus listrik adalah program unggulan, maka siapa (operator) yang sudah punya confirm order soal bus listrik, itu yang kita layani,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/05/120200415/transjakarta-segera-mengoperasikan-bus-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke