Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Insentif PPnBM, Larangan Mudik Tak Usik Penjualan Mobil Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan tahun lalu, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda, akhirnya pemerintah resmi mengumumkan larangan mudik Lebaran 2021.

Aturan yang akan berlangsung dari 6 hingga 17 Mei 2021 ini, diklaim berlaku bagi semua masyarakat, termasuk TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta, dan juga mandiri.

Lantas apakah adanya larangan mudik Lebaran, bakal mempengaruhi peningkatan pemesanan dan penjualan mobil baru yang tengah naik daun usai dirangsang insentif PPnBM ?

Karena tak bisa dipungkiri, salah satu faktor masyarakat membeli mobil baru juga dikarenakan kebutuhan untuk pulang kampung saat Lebaran.

Menjawab hal ini, Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing & Customer Relation PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, pengaruh larangan mudik saat Lebaran belum bisa dipastikan seberapa besar dampaknya terhadap pemesanan kendaraan.

"Mengingat baru saja diumumkan, maka kami juga baru akan mengamati apakah akan terjadi penurunan pemesanan atau tidak dalam beberapa hari atau minggu ke depan ini," ucap Hendrayadi kepada Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Walau belum bisa memastikan, tapi Hendrayadi memprediksi pembelian mobil baru yang dilakukan masyarakat saat ini, pada dasarnya bukan hanya untuk keperluan mudik saja.

Lantaran itu, diharapkan meski pemerintah sudah resmi melarangan mudik Lebaran, tapi secara performa pemesanan kendaraan baru akan tetap meningkat.

"Karena mereka (masyarakat) ingin memanfaatkan relaksasi PPnBM yang sangat menguntungkan bagi konsumen saat ini," kata Hendrayadi.

Hal senada juga diucapkan Yusak Billy, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Menurut Billy, kebutuhan akan mobil baru di tengah pandemi tak sekadar soal mudik saja, tapi juga moda transportasi yang lebih aman.

"Tren pembelian mobil saat ini tak hanya terpengaruh pada kebutuhan perjalanan mudik, tapi kebutuhan transportasi sehari-hari yang lebih aman dan nyaman pada masa normal baru," ucap Billy.

"Jadi menurut kami, pembatasan mudik ini tidak akan terlalu besar berpengaruh terhadap pasar otomotif," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/30/122100215/ada-insentif-ppnbm-larangan-mudik-tak-usik-penjualan-mobil-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke