Salin Artikel

Imbas PPnBM, Daihatsu Banjir SPK Terios dan Xenia

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga 17 hari berjalannya insentif PPnBM yang digulirkan pemerintah, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengkliam telah terjadi peningkatan signifikan dalam hal surat pemesanan kendaraan (SPK).

Tercatat persentase kenaikan SPK yang sukses dikantongi mencapai 223 persen dibanding awal tahun. Sementara disandingkan dari data periode yang sama pada 2020 lalu, kenaikannya mencapai 177 persen.

Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, kenaikan SPK keempat mobil yang menikmati relaksasi PPnBM cukup drastis.

"Total keempat model yang mendapat insentif PPnBM ini mengalami kenaikan 223 persen atau 2,3 kali untuk SPK, jadi bukan penjualan. Tentu itu angka-angka ini positif sekali, apalagi untuk kelompok yang tak mendapat relaksasi pesannya juga ikut naik 133 persen," ucap Hendrayadi dalam jumpa pers virtual, Kamis (18/3/2021).

Berdasarkan data yang dijabarkan, dari keempat produk Daihatsu yang menikmati insentif, pemesanan tertinggi diraih oleh Terios dengan kenaikan SPK sebesar 253 persen.

Posisi kedua ditempati MPV murahnya, yakni Xenia sebesar 220 persen. Urutan ketiga oleh Luxio dengan kenaikan 197 persen, dan terakhir Gran Max Mini Bus 194 persen.

Untuk lima model lainnya, meski tak menerima PPnBM namun ikut terkerek jumlah pemesanannya. Paling dominan adalah Ayla sebesar 143 persen dan Sigra 139 persen.

Hendrayadi mengatakan tren ini diprediksi akan terus tumbuh, apalagi sesaat lagi bakal menghadapi masa libur panjang Lebaran. Adanya peningkatan ini SPK ini juga membayar turunnya penjualan di bulan Februari lalu.

"Kalau Februari itu turun karena beberapa faktor, pertama masa hari kerja yang pendek, libur, lalu di pertengahan diumumkan juga PPnBM yang membuat konsumen menahan. Tapi sekarang tidak perlu dibahas detail lagi soal penurunan di Februari," ucap Hendrayadi.

Inden

Meski penerimaannya positif, namun di lain sisi, Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra, mengkawatirkan soal pemenuhan suplai untuk ke konsumen. Terutama bagi dua model yang naik daun, Terios dan Xenia.

"Pasti itu (Xenia dan Terios) akan menjadi inden, tadi sudah ditunjukan SPK-nya luar biasa naik. Apa yang bisa terjadi adalah konsumen komplain dan marah, terutama bagi mereka yang berharap kendaraan langsung ada. Ini menjadi PR besar kami," ujar Amel.

"Padahal untuk kenaikan yang sebesar itu, di stok diler pun tidak akan banyak yang bisa memenuhi, terutama untuk Terios dan Xenia karena stok kita sangat limited," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/19/123100015/imbas-ppnbm-daihatsu-banjir-spk-terios-dan-xenia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.