Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Bus dan Truk Rawan Mengalami Rem Blong?

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem blong kerap menjadi penyebab kecelakaan yang melibatkan truk ataupun bus yang berkategori kendaraan besar, bahkan tidak jarang sampai menelan korban jiwa.

Paling baru seperti yang terjadi di Tanjakan Cae, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Akibat rem blong, bus pariwisata yang ditumpangi para peziarah ini terjun ke jurang 500 meter.

Kecelakaan ini merenggut 27 korban jiwa dari total 63 penumpang yang ada di bus tersebut. 

Bicara soal rem blong, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, beban yang dibawa oleh sebuah kendaraan sangat berpengaruh pada sistem pengereman. Tidak jarang berat beban tersebut membuat rem tidak berfungsi alias blong.

“Menurut saya, lebih pada segi perawatan dan juga beban kendaraan. Kalau beban yang dibawa melebihi batas, pastinya kinerja rem juga akan lebih berat,” ujar Didi belum lama ini kepada Kompas.com.

Didi melanjutkan, selama ini sering didapati, bus atau truk yang mengalami kecelakaan akibat rem blong karena membawa beban yang cukup berat. Bahkan, ada juga yang sampai melebihi batas maksimal beban yang diperbolehkan.

Oleh sebab itu, sebaiknya pengecekan sistem pengereman rutin dilakukan sebelum memulai perjalanan. Salah satunya untuk mengantisipasi terjadi rem blong atau pengereman yang tidak berfungsi secara maksimal.

“Pada intinya kendaraan yang dibawa itu harus layak jalan. Kalau ban sudah habis tapaknya juga harus diganti, karena ini juga berpengaruh pada sistem pengereman,” kata Didi.

Didi menambahkan, pengecekan juga harus dilakukan secara rutin dan menyeluruh. Mulai dari kondisi kanvas rem, kondisi selang bocor atau tidak, pipa-pipa, kompresor angin, serta bagian pendukung lainnya.

“Selain masalah rem, bagian pendukung lain seperti lampu-lampu, oli, air, ban, dan bagian lainnya juga harus dicek secara rutin. Hal ini ditujukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat kendaraan digunakan,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/12/082200115/mengapa-bus-dan-truk-rawan-mengalami-rem-blong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke