Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Lobi Jepang Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum lama ini menemui Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, membicarakan berbagai kemungkinan kerja sama yang berkesinambungan pada berbagai sektor.

Satu diantaranya, ialah mengenai pengembangan kendaraan bermotor listrik di dalam negeri disertai penanaman investasi. Pasalnya, Indonesia diklaim tengah memiliki beragam daya tarik.

"Industri otomotif Jepang telah tumbuh dengan sangat baik di Indonesia. Oleh karenanya, saya mengajak pemerintah Jepang untuk berpartisipasi dalam pengembangan kendaran listrik," kata dia dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Adapun daya tarik yang dimaksud, jelas Sri Mulyani, ialah pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, yang sedang berjalan.

Lewat fasilitas ini, diharapkan volume ekspor dan kualitas supply chain industri otomotif Indonesia dapat meningkat.

Kemudian, peluang atas terbukanya pasar baru untuk ekspor kendaraan buatan Indonesia pun terbuka lebar seperti Australia dan Timur Tengah serta Eropa.

"Pemerintah juga memberikan insentif fiskal bagi pengembangan electric vehicle. Ini merupakan kesempatan yang besar bagi Jepang untuk berinvestasi di Indonesia," kata Sri Mulyani.

Dalam kesempatan sama, ia berharap hubungan Indonesia-Jepang yang telah lama terjalin baik dapat terus berlangsung. Tidak hanya dalam hal perdagangan internasional, tetapi membuka peluang investasi lainnya.

Sedangkan impor dari Jepang dalam periode sama tercatat 10,63 miliar dolar AS (7,35 persen). Adapun surplus pedagangan nonmigas dengan Jepang mencapai 2,2 miliar dolar AS.

"Beberapa manufaktur yang lain juga memiliki kesempatan untuk melakukan bisnis di Indonesia, diantaranya sektor pendidikan, kesehatan, zona ekonomi khusus yang menciptakan zona untuk produksi manufaktur terutama yang berorientasi ekspor," ujarnya lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/06/070200215/sri-mulyani-lobi-jepang-kembangkan-kendaraan-listrik-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke