Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Royal Enfield Interceptor 650 Scrambler, Aspal atau Tanah Tak Masalah

JAKARTA, KOMPAS.com - Smoked Garage bersama Royal Enfield telah menghadirkan custom kit eksklusif untuk Interceptor 650. Secara keseluruhan, tampilannya bisa dikatakan mengarah ke scrambler.

Nicko Eigert, punggawa Smoked Garage, mengatakan, Interceptor dipilih karena dinilai dapat menjadi platform terbaik. Menurutnya, tampilan standarnya saja motor ini sudah sangat keren.

"Ini adalah motor yang cantik dan sejujurnya saya kesulitan bagaimana membuatnya menjadi lebih cantik lagi," ujar Nicko, saat peluncuran custom kit bertajuk Off/Grid tersebut, belum lama ini.

Nicko mengatakan, untuk Interceptor, dirinya menggunakan ban dual purpose. Sebab, memang untuk proyek ini difokuskan untuk penggunaan outdoor.

"Kami membuat bagian depan jadi lebih aerodinamis. Jadi, kami mengganti sepatbor depan. Lalu, lampu depan juga diganti dengan model LED," kata Nicko.

Smoked Garage sangat cerdas dalam membuat sepatbor depan. Jika diperhatikan di bawah sepatbornya, sudah dilapisi dengan karpet. Sehingga, tidak ada bunyi berisik yang dihasilkan akibat pantulan kerikil saat melaju.

"Tentunya, bagian yang paling ikonik adalah knalpotnya. Dengan membuat posisi knalpot lebih tinggi, akan membuat motor lebih aman saat melewati genangan air yang tinggi atau banjir," ujar Nicko.

Knalpot yang menjadi ciri khas motor custom bergaya scrambler ini dibuat dari bahan stainless steel. Dari segi bobot, dinilai tidak terlalu berat dan harganya juga lebih masuk akal.

Joknya dibuat jadi model single seat. Tapi, sebenarnya bagian belakang bisa dipasang jok terpisah. Untuk itu, diberikan pelindung pada bagian knalpot.

Jika jok belakang tidak dipasang, bagian buritan bisa dimanfaatkan untuk mengikat barang bawaan.

Tercatata, ada puluhan komponen yang diganti, mulai dari lampu depan, lampu belakang, lampu sein, knalpot, jok, sepatbor, pelek, ban, dan lainnya.

Nicko mengatakan, custom kit eksklusif ini total harganya Rp 40 juta, di luar pajak. Tapi, pembeliannya harus satu paket dengan motornya di diler Royal Enfield Nusantara, yang dibanderol Rp 205.700.000 (OTR Jakarta).

Untuk pilihan warnanya, Smoked Garage menawarkan dua pilihan, yakni P 51 Chrome dan Black Stealth.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/27/114252415/royal-enfield-interceptor-650-scrambler-aspal-atau-tanah-tak-masalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke