Salin Artikel

Ada Diskon Pajak Mobil Baru, 72 Persen Konsumen Semringah

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah saat ini tengah berupaya menggenjot industri otomotif yang anjlok karena pandemi Covid-19. Sejumlah upaya dilakukan, salah satunya lewat pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Big Data Expert Continuum Omar Abdillah, mengatakan, mayoritas masyarakat menyambut baik rencana relaksasi pajak yang dilakukan pemerintah.

“Sebanyak 72 persen dari konsumen kita yang ada di dalam data yang kita kumpulkan ini menyambut positif kebijakan pajak gratis mobil baru,” ujar Omar, dalam diskusi virtual (21/2/2021).

Omar mengatakan, bahwa mereka yang mendukung rencana ini, sebanyak 63 persen menyambut baik karena harga mobil baru menjadi lebih murah.

Kemudian 33 persen menilai aturan ini bisa mendongkrak industri otomotif dan menambah lapangan pekerjaan.

Lalu sisanya sebanyak 4 persen, menyambut baik insentif ini karena dianggap jadi stimulus pertama bagi kelas menengah.

Sementara bagi yang kontra, 61 persen menilai stimulus PPnBM berisiko terhadap berkurangnya pendapatan pajak.

Sebanyak 28 persen menambah macet dan kerusakan lingkungan (polusi), serta 11 persen menganggap bahwa aturan ini bersifat elitis dan diskriminatif.

“Jadi konsumen di kota-kota besar lebih menyambut positif ketimbang konsumen di kota-kota kecil,” ucap Omar.

Continuum mencatat, sebanyak 71,56 persen konsumen di kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, dan Semarang memberikan sentimen positif pada kebijakan ini.

Sedangkan nonkota besar seperti Magelang, Kebumen, dan Cilacap yang menyambut positif hanya 67,44 persen.

“Dari segi kemampuan, memang konsumen di kota-kota besar memiliki kemampuan untuk membeli mobil, ketimbang masyarakat di kota-kota kecil,” katanya.

Untuk diketahui, Continuum melakukan analisa Big Data dari pembicaraan di media sosial, khususnya Twitter.

Omar mengatakan, pihaknya mengumpulkan 3.000 pembicaraan di sana selama periode 28 Desember 2020 hingga 17 Februari 2021.

Dari pantauan Continuum, disebutkan bahwa pembicaraan soal diskon pajak mobil baru mulai ada sejak wacana ini diembuskan pada Desember 2020. Pembicaraan ini kembali mengalami peningkatan tren pada 11 hingga 17 Februari 2021.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/22/080200015/ada-diskon-pajak-mobil-baru-72-persen-konsumen-semringah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.