Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya, Pakai Bodi Evolander Bekas

JAKARTA, KOMPAS.com – PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) bisa dibilang sedang aktif menambah armada barunya. Setelah sebelumnya merilis dengan bodi Jetbus 3+ UHD dengan sasis tronton, kali ini PO STJ menambah tiga armada dengan sasis triple axle.

Namun kali ini PO STJ membeli kendaraan niaga bekas PO Borlindo yang beroperasi di Makassar. Tiga unit tersebut menggunakan sasis Scania K410iB dan dibalut bodi Evolander SHD buatan karoseri New Armada.

Bodi Evolander buatan New Armada ini memang bisa dibilang jarang beredar di Pulau Jawa, lebih sering digunakan oleh PO di Sulawesi. Bisa jadi tiga armada PO STJ ini menjadi Evolander pertama dengan trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Pulau Jawa.

Sales Executive New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan, memang benar adanya kalau bus ini merupakan bekas PO Borlindo lalu dibeli oleh PO STJ. PO Borlindo sendiri memakai unit ini sejak tahun 2017.

“Ini Evolander SHD pertama kalau tidak salah, tahun 2017. Rencananya akan dirombak terlebih dahulu di New Armada sebelum beroperasi,” ucap Gerry kepada Kompas.com, Jumat (12/2/2021).

Rombak yang dilakukan baik dari segi ekterior dan interior dari bus bekas tersebut. Tentu saja PO khas Borlindo tersebut akan diganti, namun belum terlihat akan seperti apa desain livery-nya yang akan digunakan PO STJ.

“Kalau kabinnya, dia nambah spesifikasinya yaitu memasang toilet dan sekat driver,” kata Gerry.

Selain memiliki armada baru, PO STJ sebenarnya juga memiliki armada baru dengan sasis tronton yang masih ada di karoseri Adi Putro, Laksana, dan Tentrem. Kita tunggu saja kehadiran armada-armada mewah dari PO asal Maospati, Magetan, Jawa Timur ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/13/072200315/bus-baru-po-sudiro-tungga-jaya-pakai-bodi-evolander-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke