Salin Artikel

Bahas Lagi Desain CR-V Pertama dengan Mesin Turbo

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CR-V generasi kelima hadir dengan desain baru. Tongkrongannya berubah, termasuk dari teknologi, fitur, dan dapur pacunya.

Meski sudah meluncur dari empat tahun lalu, tepatnya pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, namun sampai saat ini SUV tersebut masih diminati. Bahkan menjadi incaran di segmen mobil bekas.

Latar belakang itu yang membuat redaksi ingin kembali mengulik CR-V pertama bermesin turbo 1.500 cc tersebut. Seperti biasa, pembahasan akan diawali dengan desain eksterior dan interior lebih dulu.

Desain

All New Honda CR-V generasi lima mengusung tema yang lebih tegas dari versi sebelumnya. Kondisi ini bisa dilihat dari dimensi yang lebih besar serta desain fender yang lebar.

Karakter utama ditunjukan dari desain baru pada lampu utama yang semuanya sudah menggunakan LED, mulai dari DRL sampai lampu kabut. Begitu juga untuk lampu belakang yang punya tampilan baru.

Sedangkan sisi samping, kesan mewah sekaligus sporty ditonjolkan dari guratan dinamis serta penyematan pelek berdimensi 18 inci.

Memberikan kemudahan serta modernisasi, pintu bagian belakang didukung fitur power tailget dengan heigt adjustmen yang memudahkan pengendara mengakses ruang bagasi saat membawa barang.

Bisa dibilang tampilannya memang lebih mengarah ke SUV perkotaan, namun bukan berarti tak bisa diandalkan untuk berpetualang, apalagi dengan mesin barunya.

Interior

Kesan mewah tampilan luar juga diadaptasi pada bagian interior. Bila dibandingkan versi sebelumnya, CR-V generasi kelima punya kemasan yang lebih elegan.

Belum lagi dengan hadirnya ragam perangkat futuristik di bagian kokpit, seperti meter cluster digital dan lain sebagainya.

Seperti diketahui, CR-V menawarkan konsep driver oriented yang memanjakan pengendara selama perjalanan. Semua fitur dan tombol fungsi di tempat pada satu lokasi yang mudah dijangkau ketika dibutuhkan.

Pengendara bisa mengatur audio sampai cruise control dengan mudah menggunakan ibu jari dari gagang kemudi yang terbungkus kulit.

Sementara untuk perangkat hiburan, tersedia layar sentuh 9 inci yang sudah memiliki banyak fungsi, dari koneksi smartphone, NAVI system, dan Multi Angle Rearview Camera.

Menariknya, di tengah pandemi Covid-19 yang membuat banyak pemilik mobil mulai memperhatikan kebersihan interior, CR-V generasi kelima justru sudah dilengkapi dengan fitur nanoe Technology yang berfungsi menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Bicara kelapangan, baris pertama dan kedua tak ada kendala. Ruang kaki dan kepala cukup nyaman untuk penumpang dewasa, apalagi adanya sunroof yang membuat kesan interior lebih lapang.

Sementara untuk baris ketiga, secara kenyamanan untuk orang dewasa memang kurang, tapi masih cukup bagi anak-anak.

Lalu bagaimana soal performa, konsumsi bahan bakar, kekurangan, sampai kisaran harga bekas dari CR-V generasi kelima yang sampai saat ini masih banyak diburu ? Tunggu ulasan berikutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/19/103100015/bahas-lagi-desain-cr-v-pertama-dengan-mesin-turbo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.