Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan Ini Saat Melihat Aksi Bajing Loncat di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com – Bajing loncat adalah aksi kriminal yang mengambil barang di belakang bak truk. Aksi ini dilakukan setidaknya oleh dua orang, satu mengendarai motor dan satu lagi mengambil barang.

Belum lama ini juga ada aksi bajing loncat yang beredar di media sosial. Dalam video ini, aksi bajing loncat berusaha digagalkan oleh anggota TNI namun sayangnya pelaku bajing loncat berhasil kabur.

Sebagai pengguna jalan, apakah aman untuk berusaha mencegah aksi tersebut seperti yang dilakukan oleh anggota TNI yang ada di video?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, tidak semua orang memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menindak bajing loncat.

Pelaku bajing loncat biasanya sudah terlatih dan bahkan minimal membawa senjata tajam dalam melakukan aksinya.

“Dalam kondisi terpaksa, pelaku bajing loncat ini bisa melukai siapapun. Hanya petugas seperti TNI atau Polisi saja yang bisa melawan mereka. Karena mereka bertindak terukur dan atas nama negara,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Kalau bertemu atau melihat aksi bajing loncat di depan mata, cukup dengan direkam aksinya dan laporkan.

Sony mengatakan, pelaku bajing loncat ini biasanya tidak akan peduli dengan teguran orang biasa.

“Kita juga jangan merasa mampu melawan mereka. Kalah menang tidak jadi ukuran, tapi kalau ada korban berujung meninggal, maka kita bisa terseret,” kata Sony.

Selain itu, jangan coba memberi klakson panjang saat melihat aksi bajing loncat. Pelaku kriminal ini tidak akan peduli, malahan bisa-bisa si pengemudi yang memberi klakson ini yang diserang balik.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/01/06/182100315/lakukan-ini-saat-melihat-aksi-bajing-loncat-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke