Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tambal Ban Motor Tubeless Pakai Model Tusuk Bikin Ban Bunting?

JAKARTA, KOMPAS.com – Sudah banyak motor saat ini yang memakai ban tubeless sebagai standar pabriknya. Ban tubeless dirasa lebih memudahkan pengendara, karena saat ban tertusuk benda tajam, udara tidak langsung habis.

Dengan begitu, pengendara bisa berjalan menuju tempat tambal ban untuk memperbaiki lubang tadi. Biasanya cara menambal ban tubeless menggunakan model string, atau memakai lem yang pemasangannya ditusuk ke ban.

Namun katanya, tambal ban model tusuk seperti ini yang sering ditemui di pinggir jalan bisa berbahaya bagi ban motor, benarkah begitu?

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC Dodiyanto mengatakan, benar adanya tambal ban model tusuk bisa merusak komponen yang ada di dalam ban.

“Ban itu terdiri dari beberapa lapisan, bisa dua sampai tiga ply atau benang nylon. Ketika model tusuk menembus sampai dalam ban, artinya merusak lapisan benang tadi,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Selasa (29/12/2020).

Rusaknya lapisan ini, membuat ban benjol atau bunting karena ada udara yang terjebak di dalamnya. Dodiyanto mengatakan, efek tidak langsungnya yaitu ban habisnya jadi tidak merata.

Benjol pada ban akan muncul di sekitar bekas tambalan, bahkan bisa semakin membesar. Namun tambal ban model tusuk ini juga sebenarnya bisa aman bagi ban, selama lubangnya tidak besar.

“Selama menambalnya bagus dan angin enggak keluar, masih aman. Tapi kalau lubangnya besar, berisiko benjol,” kata Dodiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/29/182100015/tambal-ban-motor-tubeless-pakai-model-tusuk-bikin-ban-bunting-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke