Salin Artikel

Konsumsi BBM Yaris Facelift, Seberapa Irit Dibawa Keliling Kota?

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan New Yaris di Indonesia pada September 2020, setelah hatchback ini hadir lebih dulu di Thailand.

Hatchback ini mendapat pembaruan pada sisi eksterior, interior, hingga ubahan teknis seperti radius putar yang makin kecil.

Saat mencoba Yaris facelift dalam sesi test drive, kami turut merasakan fitur-fitur barunya, termasuk juga performa mesin.

Untuk diketahui, New Yaris masih mengusung mesin 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc bertenaga 107 ps atau setara 105 tk dan torsi 14,8 kgm atau setara 145 Nm.

Walaupun dari sisi dapur pacu tanpa ubahan, performa mesin Yaris tak bisa dianggap remeh. Mobil ini masih memberikan performa yang mumpuni untuk penggunaan di dalam kota.

Konsumsi bahan bakarnya pun terbilang cukup irit. Bahkan ketika dicoba dalam rute perkotaan yang relatif sering bertemu macet serta kondisi stop and go.

Berdasarkan catatan di MID, konsumsi BBM Yaris facelift mencatat 13,7 km per liter dengan kecepatan rata-rata 23 kpj.

Menurut kami, salah satu faktor yang membuat mobil ini tetap irit saat dibawa berkendara adalah transmisi otomatis CVT yang diusungnya.

Transmisi ini memberikan pengalaman berkendara yang halus, serta penyaluran tenaga yang cukup responsif.

Asyiknya saat dibawa melaju di jalan tol hingga kecepatan 100 kpj, putaran mesin bisa dijaga tidak sampai 2.000 rpm.

Hasilnya mobil ini tetap cekatan ketika dibawa berkendara sehari-hari, dan memberikan biaya pengeluaran BBM yang tidak terlalu banyak. Sebagai tambahan, kami mengisi New Yaris dengan BBM RON 92 pada pengetesan kali ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/27/150100715/konsumsi-bbm-yaris-facelift-seberapa-irit-dibawa-keliling-kota-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.