Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Skutik Premium Piaggio MP3 dan Qooder

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam jenis skuter matik (skutik) yang dipasarkan di Indonesia. Bahkan kini sudah banyak skutik premium yang menggunakan mesin berperfoma tinggi, serta teknologi canggih di dalamnya.

Di antaranya ada Piaggio MP3 dan Qooder. Qooder dibekali dengan empat roda, yang mana hal ini merupakan pertama di kelasnya. Namun secara kelas dia tetap masuk bertarung dengan Piaggio MP3 dengan dua roda di depan dan satu roda di belakang.

Bicara soal harga, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced dibanderol dengan harga Rp 360 juta, sedangkan Qooder dibanderol dengan harga Rp 357 juta.

Hanya memiliki selisih harga Rp 3 juta, kira-kira mana yang lebih unggul?

Desain

Skutik tiga roda dari Piaggio MP3 500 HPE memiliki desain yang tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

Fasia depanya terlihat besar untuk mengakomodir dua ban. Bentuk jok dan bodi belakang juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced kini dibalut dengan pelek berwarna hitam yang membuatnya jadi lebih sporty.

Windshield tinggi jadi keunggulan karena dapat menahan terpaan angin langsung ke badan, sayangnya pengaturannya masih manual.

Sementara, untuk Qooder memang memiliki tampilan khas motor tiga roda seperti Piaggio MP3, meski jika diselisik jelas berbeda karena Qooder memiliki empat roda. Dibilang mirip karena punya kesan yang serupa dengan roda dua.

Tampilan depan Qooder termasuk manis untuk motor dengan panjang 2,2 meter, lebar 840 mm dan tinggi 1.360 mm. Bisa dilihat dari dua lampu depan besar yang terbagi antara kiri dan kanan.

Diatas lampu utama juga terletak windshield yang cukup besar sebagai tameng angin pengendara yang edisi standarnya berwarna hitaM. Sayangnya, ketinggian windshield Qooder serupa dengan Piaggio MP3 500 HPE yang masih harus diatur secara manual.

Perfoma

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Piaggio MP3 500 HPE dibekali mesin baru. HPE sendiri merupakan singkatan dari High Perfomance Engine. Mesin ini mengalami ubahan mulai dari bentuk dome piston dan lainnya agar perfoma meningkat.

Di atas kertas Piaggio MP3 500 HPE memakai mesin 493 cc satu silinder yang mampu memproduksi 44,2 tk di 7.750 rpm dan torsi 47,5 Nm di 5.500 rpm.

Sedangkan untuk Qooder mengusung jantung 400 cc serta single cylinder, yang mampu menghasilkan 32,5 tk pada 7000 rpm dan torsi maksimal 38,5 Nm pada 5.000 rpm. Klaim pabrikan sanggup dipacu sampai kecepatan 140 km/jam.

Fitur

Piaggio MP3 500 HPE memiliki dua mode berkendara ECO atau STD melalui sistem Ride-by-Wire. Mode ECO untuk gaya berkendara santai sedangkan mode STD seperti biasa.

Motor tiga roda dari Piaggio ini juga turut dilengkapi sistem kontrol taksi. Piaggio menyebutnya Anti-Slip Regulation (ASR). Fungsinya mencegah roda mengalami spin atau slip.

Piaggio MP3 500 HPE juga sudah dilengkapi dengan fitur gigi mundur. Hal ini akan memudahkan pengendara untuk parkir atau sekedar memindahkan posisi motor.

Skutik empat roda asal Swiss Qooder juga sudah dibekali beragam fitur menarik, seperti teknologi suspensi yang unik yaitu HTS atau Hydraulic Tilting System yang bisa mengikuti gerak motor.

Di bagian depan, suspensi ini punya tie rod seperti mobil. Keunikannya ialah suspensi tersebut bisa bergerak independen, sehingga ban depan mengikuti gerak motor saat menikung ke kiri dan ke kanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/22/150100215/komparasi-skutik-premium-piaggio-mp3-dan-qooder

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke