Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaleidoskop, Motor Listrik yang Meluncur Sepanjang 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski belum bisa dikatakan masif, geliat motor listrik semakin berkembang. Sepanjang 2020 motor listrik mulai membanjiri pasar di Indonesia.

Pemain di segmen ini cukup beragam, mulai dari merek asli Indonesia, kemudian merek impor, sampai produsen sepeda kayuh lokal yang beralih mencoba bisnis baru ini.

Geliat ini mulai  terasa sejak Presiden Jokowi meneken regulasi Perpres No 55 Tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Merek pertama yang menangkap momentum itu ialah Elvindo singkatan dari Electric Vehicle Indonesia, dengan menelurkan Elvindo Rama di awal Januari 2020.

Sayang kemudian pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Praktis setelah itu yakni Maret hingga September, tren motor listrik yang mulai positif kembali tertekan keadaan.

Pada September 2020, merek lokal, PT Mobil Anak Bangsa ( MAB) mulai memasarkan motor listrik Electro. Motor disebut sudah lulus uji tipe dari Kementerian Perhubungan.

Memasuki akhir tahun, motor listrik kembali menguat di tengah pandemi Covid-19. Beberapa merek yang awalnya ingin meluncurkan motor baru di awal tahun jadi pindah ke akhir tahun.

Salah satunya Volta, merek motor listrik asal Semarang yang hadir menghentak di akhir tahun. Tepatnya di IIMS Motobike Hybrid Show yang digelar mulai 4-13 Desember 2020.

Untuk menggebrak pasar, Volta meluncurkan motor listrik Volta 401. Selain itu juga memperkenalkan motor roda tiga niaga listrik Volta 501 yang akan hadir tahun depan.

Setelah itu ada United. Merek yang lebih terkenal sebagai produsen sepeda kayuh itu melebarkan bisnis dengan terjun ke segmen motor listrik dengan meluncurkan United T1800.

Berbeda dengan motor listrik lain yang bergaya imut dan mengotak, United T1800 justru hadir dengan desain ala maxi scooter. Desainnya juga sporty dengan bodi serba tajam.

Tak ketinggalan merek asal China, NIU juga meramaikan segmen motor setrum di Indonesia. Di akhir tahun NIU melansir dua model baru yaitu NIU NQi Sport dan NIU Gova 03.

Di luar motor listrik, para produsen juga banyak meluncurkan produk lain yang mendorong tren elektrifikasi di Indonesia, seperti sepeda listrik, otoped listrik dan lain sebagainya.

Viar merupakan salah satu yang adaptif dengan permintaan pasar. Pionir motor listrik bersurat di Indonesia dengan Viar Q1 itu melebarkan sayap dengan menjajakan sepeda listrik.

Motor listrik yang meluncur sepanjang 2020

1. Elvindo Rama
2. MAB Electro
3. Volta 401
4. United T1800
5. NIU NQi Sport
6. NIU Gova 03

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/22/084200015/kaleidoskop-motor-listrik-yang-meluncur-sepanjang-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke