Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesifikasi dan Fitur Motor Listrik United T1800

Henry Mulyadi, Direktur PT Terang Dunia Internusa (TDI), mengatakan, pihaknya memberikan pilihan motor listrik yang punya tampilan stylish, serta teknologi dan fitur yang lengkap.

"Kami merupakan pionir fitur-fitur masa depan yang dapat dirasakan langsung saat ini. Kami yakin fitur ini nantinya juga akan diikuti oleh kompetitor lainnya,” katanya di Serpong, Sabtu (12/12/2020).

Desain

Skema desain United T1800 dirancang agar dapat mengikuti selera pasar dan perkembangan zaman, yaitu pasar skutik saat ini yang berhaluan sporty.

Berbeda dengan banyak skuter listrik yang bergaya imut atau lucu, motor ini hadir dengan banyak lekukan tajam yang saat ini hanya sedikit pemainnya, seperti Gesits dan Volta 401.

Lampu depan LED dengan model dua mata bergaya agresif. Di atasnya ada windshield besar, dan setang model semi telanjang yang mengingatkan skema Yamaha Nmax.

Bagian tengah dek juga ala skutik bongsor seperti Nmax dan Honda PCX150. Deknya tidak rata seperti skuter entry level sebab bagian tengah merupakan tempat penyimpanan baterai.

Manfaat baterainya berada di tengah ialah, di bawah jok jadi ada tempat alias bagasi buat menaruh barang.

Beralih ke belakang, bodinya mengikuti siluet di depan. Joknya sendiri cukup lebar dan ada sedikit bantalan sandaran buat pengendara.

Lampu belakangnya juga cukup futuristik. Besar dan pakai mika bening. Lampu belakang, lampu setop dan sein sudah LED.

Fitur

Semua pencahayaan sudah LED. Panel instrumen juga sudah LED. Motor punya tiga mode kecepatan, Mode 1 max 50 kpj, Mode 2 max 60 kpj dan Mode 3 max 65 kpj.

Ada juga Mode Turbo yang bisa meningkatkan kecepatan sampai 70 kpj. Punya gigi mundur alias reverse. Tombolnya di pangkal setang kiri. Cara mengoperasikannya dengan ditekan sambil digas.

Motor masih menggunakan kunci kontak, meski demikian ada start stop engine. Meski ada kunci pengoperasiannya bisa tanpa kunci alias keyless. Kemudian ada fitur alarm untuk menghalau maling.

United T1800 punya fitur bernama repair mode. Tujuannya sebagai antisipasi jika gas rusak motor masih bisa dijalankan.

Ada fitur pemutus daya sebagai standar, alias MCB. Letaknya di bawah jok.

Seperti disebutkan, bagasinya lumayan besar sebab baterainya terletak di tengah. Di bagasi tersebut terdapat colokan USB dan juga lampu untuk penerangan.

Fitur terakhir ialah speaker yang bisa terkoneksi dengan bluetooth. Letaknya di dek bagian depan kiri dan kanan di bawah glove box.

Tombol pengoperasian pengeras suara ini terketak di bagian depan kiri atas. Tombol-tombolnya volume dan di bawahnya juga tersedia colokan USB.

Dengan fitur ini pengendara bisa mendengarkan musik atau radio sesuai keinginan. Selain itu pengeras suara itu juga punya fitur racer sound alias suara mesin buatan.

Teknis

United T1800 mempunyai dimensi panjang 1.886 mm, lebar 715 mm, dan tinggi 1.170mm. Bobot kosong motor 99 kg dengan daya angkut 150 kg.

Pelek depan belakang lingkar 12 inci. Ban depan ukuran 100/170 sedangkan ban belakang 120/17. Supensi belakang tipe dual shock. Adapun rem depan belakang sudah cakram.

United T1800 menggunakan motor listrik (dinamo) dari 60V 1800W besutan Bosch. Menghasilkan rated speed 620 rpm dan torsi 27 Nm. Daya tersebut disokong baterai Lithium ion berkapasitas 60V 28Ah.

Dalam baterai kondisi penuh motor dapat mencapai kecepatan maksimum 70 kpj dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50- 60 kpj mode kecepatan normal.

Baterainya dapat dicopot untuk memudahkan pengisian daya. Bisa juga langsung diisi dengan mencolok pakai charger yang sudah disediakan.

"Charger kami pakai yang premium dengan daya 15 Ampere. Bukan fast charging tapi pengisiannya lebih cepat. Chargernya juga pakai kipas jadi tetap dingin," kata Awan Setiawan, Manager United E-Motor.

Harga 

United T1800 sudah dapat dibeli secara online dengan harga Rp 27.000.000. Warna yang tersedia baru satu yaitu black doff.

Selain secara online, saat ini penjualan dan layanan purnajual dapat dilakukan di dealer pusat United E-Motor di Alam Sutra, Serpong, Tangerang Selatan.

Januari 2021, United akan membuka flagship dealer di Pantai Indah Kapuk II (PIK II). Adapun layanan purna jual saat ini home service untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek).

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/13/084200615/spesifikasi-dan-fitur-motor-listrik-united-t1800

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke