Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspada Berada di Dekat Truk dan Bus Saat Libur Nataru

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mengemudi di jalan raya, pengemudi harus lebih waspada ketika bertemu dengan kendaraan besar seperti truk dan bus. Sebab ada banyak bahaya mengintai saat kita berada di depan atau belakang kendaraan tersebut.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, kejadian rem blong kerap mengintai kendaraan besar. Jika tak waspada, kendaraan kecil di sekitarnya bisa jadi korban.

“Truk dan bus sering mengalami masalah pada pengeremannya. Ketika mengalami gagal rem, dia akan mencari kendaraan lain untuk menahan lajunya,” ucap Sony, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, ia menyarankan kepada para pengemudi untuk segera pindah lajur jika mendapati ada kendaraan besar yang berada di lajur yang sama. Namun apabila kondisi sedang ramai dan tidak memungkinkan, pengemudi bisa melakukan jaga jarak.

“Bisa dengan menjaga jarak dengan mobil di depan untuk menghindar ke kiri atau kanan jika ada waktu. Selain itu, bisa juga dengan memberi jalan kepada kendaraan besar untuk lewat,” ujar Sony.

Sementara itu, jika mendapati kendaraan besar yang mengalami rem blong dan mengarah ke kita. Pengemudi dituntut jangan panik, sambil menyiapkan langkah antisipasi.

“Kalau keluar dari mobil sebelum terjadinya tabrakan, bukan berarti lebih aman dibanding di dalam mobil. Karena kalau di luar dan tidak punya kesempatan menjauh, bisa lebih bahaya,” katanya.

Menurut Sony, berada di dalam mobil seharusnya lebih aman karena terlindung rangka dan tubrukan dalam kecepatan yang rendah.

Tapi opsi paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menghindar ketika sudah terlihat ada truk atau bus di sekitar kita.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/11/180100615/waspada-berada-di-dekat-truk-dan-bus-saat-libur-nataru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke