Salin Artikel

Honda Ajukan Paten Motor yang Bisa Dikendalikan Pikiran

LONDON, KOMPAS.com - Honda diketahui mengajukan paten buat teknologi baru sepeda motor, yaitu motor yang bisa dikendalikan pikiran pengendara.

Sekilas tenkologi ini seperti dalam adegan film fiksi, tetapi bukan artinya menggerakkan motor lewat pikiran. Sistem terpadu ini lebih mengenai mengubah pengaturan dan sistem yang ada di motor.

Di dalam helm pengendara, terdapat seperangkat sensor saraf yang dapat menangkap aliran pikiran dari otak. Pesan tersebut kemudian dikirim ke komputer on board motor.

Skemanya, kata Visordown, komputer dan perangkat elektronik tersebut mengartikan pesan di otak dan menyesuaikan pengaturan yang diperlukan sesuai dengan tuntutan pengendara.

Menariknya, paten tersebut menguak beberapa output yang cukup ekstrem dan mungkin ilegal, seperti manuver berkendara wheelies, stoppie, burnout, bahkan drifting.

Sistem pengendalian ini disebut sangat canggih. Agar semuanya berfungsi, motor harus memiliki sistem akumulasi data yang sangat canggih, bahkan lebih canggih dari IMU.

Belum ada prediksi kapan paten di bidang teknologi ini akan diterapkan ke motor produksi massal. Sebab, pada dasarnya tujuan paten ialah melindungi kekayaan intelektual.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/10/144100715/honda-ajukan-paten-motor-yang-bisa-dikendalikan-pikiran

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.