Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelabuhan Patimban Harus Mampu Rangsang Industri Otomotif Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap Pelabuhan Patimban yang bertempat di Kabupaten Subang, Jawa Barat mampu mendorong industri otomotif dan menekan biaya logistik nasional.

Pasalnya, wilayah yang mulai menjalani soft opening pada Desember 2020 ini lebih dekat dengan pabrik kendaraan bermotor dibandingkan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Target penurunan biaya logistik ini erat kaitannya dengan konsep hub dan spoke, karena kita juga ingin menjadi hub terkemuka,” kata Budi dalam diskusi virtual, Jumat (20/11).

Budi mengatakan, Pelabuhan Patimban akan digunakan di antaranya untuk maksimalisasi truk, memperkuat ketahanan ekonomi, dan menyediakan backup outlet dari pelabuhan.

“Kita tahu angkutan di ibu kota begitu berat, dengan adanya Patimban, berarti pergerakan angkutan berat sebagian pindah ke Patimban, dan membuat Ibu Kota bertambah baik dan tidak macet. Kita pastikan Patimban menjamin keselamatan pelayaran dan eksplorasi migas,” ujar dia.

Budi berharap Pelabuhan Patimban mampu menjadi pengungkit utama kebudayaan ekonomi nasional. Ia mengakui, Pelabuhan Patimban salah satunya memang ditujukan untuk ekspor–impor industri otomotif.

"Saya banyak berdiskusi dengan Pak Menperin (Agus Gumiwang Kartasasmita) bahwa Kementerian Perindustrian sudah siap mendukung kegiatan ini. Dan pasti ini memberikan geliat tertentu, karena antusiasme dari Gaikindo itu begitu antusias," paparnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, Pelabuhan Patimban memiliki nilai penting bagi pengembangan industri otomotif nasional.

Sebab, Pelabuhan Patimban didedikasikan untuk jadi hub besar dalam produksi kendaraan bermotor nasional dan maupun ekspor ke pasar global.

“Kami mengajak pelaku industri otomotif dan kendaraan motor maupun produsen komponen sparepart dan sampai industri bahan baku untuk menjadikan Patimban sebagai mitra strategis untuk kegiatan ekspor impor sehingga bisa jadi pusat perdagangan internasional,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/20/184100115/pelabuhan-patimban-harus-mampu-rangsang-industri-otomotif-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke